ONE MART MILIK SMKN 1 BAUBAU RAUP OMSET RATUSAN JUTA SEBULAN

411
One Mart milik SMKN 1 Baubau

 

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Pusat perbelanjaan One Mart milik civitas SMKN 1 Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi beroperasi 9 September 2022 lalu.

Meski baru memasuki satu bulan pertama beroperasi, One Mart yang diresmikan Kepala Dinas Pendidikan Nasional Sultra, Asrun Lio, itu bisa meraup omset mendekati ratusan juta.

“Untuk sebulan ini, omset sudah mencapai kurang lebih seratus jutaan,” uangkap Ahmad Salihim, manager One Mart saat ditemui Jumat 7 Oktober 2022.

Dijelaskannya, latar belakang berdirinya One mart tersebut atas kerja sama bidang kurikulum bersama sekertaris KPM Bina Karya SMKN 1 Baubau. Guna memenuhi kebutuhan pelajaran berbasis industri khususnya jurusan bisnis dan pemasaran.

“Untuk modal awal atas kerjasama guru dan koperasi SMKN 1 Baubau, disiapkan sekitar Rp 200 juta rupiah. Sehingga koperasi tidak hanya sebagai simpan pinjam akan tetapi bergerak juga dibidang dagang,” jelasnya.

Di tempat yang sama Kepala Sekolah (Kepsek) SMKN 1 Baubau, Rusdi SPd.MPd, mengatakan One Mart diawasi dan dikelola oleh guru yang sudah memiliki pengalaman. Dimana sebelumnya sudah mendapat pelatihan terlebih dahulu dan pengalaman sehingga bisa aplikasikam di sekolah khususnya kepada para siswa jurusan industri.

“Untuk anggaran gedung kami gunakan gedung paraktik lama dimana sarana dan prasarananya kami gunakan dari dana BOS penggunaan praktik siswa,” katanya.

Kepsek SMKN 1 Baubau berharap adanya kegiatan itu bisa menambah pengalaman dan pengetahuan siswa. Sehingga pihak industri yang ingin merekrut alumni siswa SMKN 1 Baubau telah siap bekerja dan tidak mengecewakan.

Salah seorang konsumen One Mart warga Kota Baubau merasa terbantu dengan hadirnya pusat perbelanjaan milik sekolah itu. Terlebih menyediakan sejumlah jenis barang kebutuhan dengan harga terjangkau.

“Selain dekat dengan rumah, harganya juga murah. Biasanya kalau mau ke toko atau minimarket jauh dengan rumah. Tapi sejak hadirnya One mart lebih dekat lagi,” pungkas ibu Wiwin. (Tribunbuton.com/Adi)