ANAK DI BAWAH UMUR PELAKON BONEKA DI LAMPU MERAH

239

 

BAUBAU, Tripton Chanel/tribunbuton.com – Sejumlah boneka warnai tiap lampu merah di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra). Mirisnya, pelakon boneka ini adalah anak kecil bahkan ada yang diperkirakan masih berumur tujuh hingga delapan tahun yang seharusnya masih menikmati masa-masa indahnya.

Meskipun begitu, upaya penertiban terus dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Baubau. Keberadaan boneka masih tetap ada bahkan makin menjamur.

Rio salah satu anak pemain boneka ketika ditemui tim tripton chanel menjelaskan, dirinya sudah dua kali mendapat teguran dari Satpol PP. Namun, demi membantu perekonomian orang tuanya iya rela mengorbankan waktu bermainnya sepulang sekolah dan bekerja sebagai badut boneka.

“Tidak ada yang suruh saya, saya beli sendiri bonekanya, uangnya saya kasih mamaku”, jawabnya polos.

Dia juga menambahkan, dirinya bekerja tanpa paksaan. Namun dari pengakuannya, ada beberapa temannya yang tinggal di seputaran Kotamara Baubau yang bekerja untuk orang dan uang hasil bermain boneka disetor kepada orang yang dia mengaku tidak mengenalinya.

“Ada temanku tapi saya tidak tahu berapa setorannya”, jelasnya.

Hasil penelursuran tim tripton chanel, keberadaan badut boneka ini yakni, dilampu merah SMA 2, lampu merah Kilometer satu, dan lampu merah tugu kirab. Mereka pun sering dijumpai dari pukul 12.00 WITA hingga malam hari.