JENAZAH TKW ASAL BUTUR DITERIMA PIHAK KELUARGA

268
Prosesi penyerahan peti jenazah Alm Sumiati Binti Latungge ke pihak keluarga. FOTO IST

 

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM – Jenazah Alm Sumiati Binti Latungge, Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia asal Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Yang meninggal dunia di Riyadh Arab Saudi 8 Agustus 2022 lalu tiba di kampung halamannya.

Jenazah pahlawan devisa negara tersebut, diterima sekaligus diserahkan ke pihak keluarga Alm oleh perwakilan UPT BP3MI Sultra. Dihadiri dan disaksikan langsung Wakil Bupati Buton Utara, Ahali SH, secara keprotokoleran. Sabtu 10 September 2022 malam.

La Ode Askar, perwakilan BP3MI Sultra menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pemulangan jenazah hingga di kampung halamannya.

Prosesi penyerahan peti jenazah Alm Sumiati Binti Latungge ke pihak keluarga. FOTO IST

“Kami juga menyampaikan belasungkawa dan duka cita mendalam atas meninggalnya Almarhum Sumiati Binti Latungge,” ucap La Ode Askar, perwakilan BP3MI Sultra saat penyerahan jenazah ke pihak keluarga.

Sementara itu Wakil Bupati Butur, Ahali SH, mewakili pemerintah dan masyarakat Butur menyampaikan ucapan belasungkawa yang mendalam atas meninggalnya Alm Sumiati Binti Latungge di Riyadh Arab Saudi.

“Innalillahi wainna ilaihi raji’un. Turut berduka cita atas meninggalnya Sumiati Binti Latungge di Riyadh Arab Saudi. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya,” ujar Wakil Bupati Butur dalam Do’a yang diikuti ratusan pelayat.

Pemerintah Kabupaten Buton Utara lanjut Ahali, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga dari Pihak KBRI Arab Saudi, BP2MI Indonesia di jakarta dan BP3MI Sultra di Kendari. Atas segala bentuk bantuan dan kerjasamanya dalam proses permintaan pemulangan jenazah.

“Alm Sumiati Binti Latungge merupakan saudara, kakak, adik kami. Terimakasih, jenazah sudah sampai ke Indonesia dan di Buton Utara Kecamatan Kulisusu Barat Desa Lambale,” ujar Wakil Bupati Butur.

Untuk diketahui, prosesi pemulangan jenazah Alm Sumiati Binti Latungge, diberangkatkan dari Riyadh Arab Saudi 7 September 2022 melalui Jeddah. Tiba Bandara Soekarno Hatta Jakarta 9 September 2022, Pukul 23.30 WIB.

Karena tiba malam di Bandara Soekarno Hatta, maka jenazah diberangkatkan ke kendari nanti 10 September 2022, Pukul 08.30 WIB dengan pesawat Batik Air. Tiba di Bandara Haluoleo Pukul 12.45 Wita, kemudian langsung menuju Pelabuhan Amolengu dengan mobil Jenazah serta tiba di rumah duka di Desa Lambale Kecamatan Kulisusu Barat Pada Pukul 19.00 Wita.

Untuk rosesi penyerahan jenazah Alm Sumiati Binti Latungge, langsung dilakukan di rumah duka. Diawali dari Perwakilan UPT BP3MI Sultra ke Pihak Pemkab Buton Utara, dalam hal ini Kepada Wakil Bupati Buton Utara Ahali, dan dilanjutkan penyerahan jenazah ke pihak keluarga untuk dilakukan proses pemakaman.

Ikut hadir mendampingi Wakil Bupati Butur yakni Asisten Satu Setda Mansur S.Sos, Staf Ahli bagian Politik dan Hukum Dra Muliana, Camat Kulisusu Barat, Sekdin Koperasi dan Nakertrans, Kapolsek Kulisusu Barat, Babinsa Desa Lambale dan dari Pihak Kepala UPT Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Imigrasi Indonesia (BP3MI) Sultra di Kendari. (Tribunbuton.com/Asm)