DIALOG UMKM BERSAMA MENTERI KOPERASI, PJ BUPATI BUTON USULKAN BANTUAN KOPERASI

157
Menteri Koperasi, Gubernur Sultra dan pejabat lainnya dalam Dialog UMKM. FOTO IST

 

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Pj Bupati Buton Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs Basiran MSi, turut menghadiri Dialog Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bersama Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Dialog pelaku UMKM itu dipandu langsung Gubernur Sultra, H Ali Mazi SH. Di Kecamatan Mawasangka Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sabtu 10 September 2022.

Usai kegiatan tersebut, Kepala BPKAD Provinsi Sultra aktif itu menyerahkan proposal usulan bantuan kepada pihak Kemenkop untuk Koperasi di Kabupaten Buton.

“Tadi saya menyerahkan usulan bantuan kepada koperasi di wilayah Kabupaten Buton kepada Menko UKM melalui Bapak Ahmad Zabadi selaku Deputi Bidang Perkoperasian Kementerian Koperasi dan UKM yang ikut mendampingi Bapak Menkop UKM,” kata Pj Bupati Buton, Drs Basiran. Dikutip dari laman Dinas Komunikasi dan Persandian Buton.

Drs Basiran, yang pernah menjabat Kepala Kesbangpol Provinsi Sultra tersebut mengatakan usulan itu untuk menopang perkembangan koperasi di Kabupaten Buton.

Pj Bupati Buton dalam kegiatan itu didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Buton, Plt Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Murad, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan, Jufri T.

Masih dari laman Dinas Komunikasi dan Persandian Buton. Pada kesempatan itu Gubernur Sultra H Ali mazi SH, menegaskan Pemrov maupun Pemkab dan Pemkot dalam membangun wilayah perlu berkoordinasi dengan pihak Kemenkop. Guna membangun UMKM terutama pada nelayan seperti kebutuhan transportasi mobil dan pendingin serta tungku (pemanas).

Pj Bupati Buton, Drs Basiran bersama Menteri Koperasi Teten Masduki

“Semoga kehadiran menteri, ibu dan para Deputi Perkoperasian bisa memberikan berkah di Sultra,” harap Gubernur Sultra.

Sementara itu Menteri Koperasi dan UKMK RI, Teten Marsudi, mengatakan berbagai program untuk meningkatan daya beli seperti padat karya, perlindungan sosial masih relevan saat resesi. Belanja pemerintah untuk membeli produk UMKM sangat penting.

Teten Masduki, mengajak para Kepala Daerah untuk mengembangkan potensi daerahnya dengan melibatkan UMKM dan koperasi. “Setiap daerah harus memiliki komoditas andalan. Tentu saja kitra harus fokus pada keunggulan domestik itu,” kata Menteri Koperasi.

Menkop juga menegaskan akan mendukung akses pembiyaan dan pengembangan usaha mikro.

“Pemerintah sekarang memberikan kemudahan untuk perusahaan mikro. Namun harus segera mempunyai Nomor Induk Perusahaan supaya bisa mempunyai nomor induk melalui OSS. Kalau sudah formal bisa akses pembiayaan juga sertifikasi halal dan BPOM. Ini menjadi target dan mendukung UMKM go online berbasis digital,” sambung Menkop UKM. (Tribunbuton.com/adm).