BABINSA DANRAMIL 1413-04 MAWASANGKA TERSERET ARUS DAN TENGGELAM DI PANTAI VILLA NIRWANA BAUBAU

542

 

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM – Anggota Kodim 1413/Buton, Prada Muh Saiful Anwar. Dilaporkan terseret arus dan tenggelam saat mandi-mandi di pantai Vila Nirwana kota Baubau. Senin 22 Agustus 2022.

Komandan Kodim 1413/Buton, Letkol Arm Muhamad Faozan mengatakan, Prada Muh Saiful Anwar tercatat sebagai Babinsa Danramil 1413-04/Mawasangka Buton Tengah. Berenang bersama temannya, Prada Jalil, sesama anggota Kodim 1413/Buton. Di pantai Villa Nirwana, Senin 22 Agustus 2022 sekitar pukul 17.15 wita.

“kronologis kejadian bermula sekitar pukul 16.00 Wita. Prada Muh Saiful Anwar dan rekannya Prada Jalil. Menuju pantai Villa Nirwana dengan menggunakan kendaraan pribadi dalam rangka mengecek kesiapan kamar untuk kunjungan tamu penutupan TMMD,” ucap Letkol Arm Muhamad Faozan. Senin 22 Agustus 2022.

Lanjutnya, sekitar pukul 16.30 Wita, keduanya setelah telah tiba di villa Nirwana dan melaporkan kesiapan kamar. Selanjutnya mandi-mandi disekitar Jeti yang terletak di pantai vila Nirwana. Sekitar pukul 17.15 Wita, disaat keduanya sedang mandi-mandi. Prada Muh Saiful Anwar terbawa arus sampai kemudian tenggelam.

“Prada Jalil, yang melihat langsung rekannya kehabisan tenaga. Mencoba melakukan pertolongan dengan cara menyeret mencoba mendarat ke jeti. Namun karena arus agak deras berlawanan dengan arah jeti dan kondisi Prada Syaiful dalam kondisi panik, sampai kemudian akhirnya Prada Jalil melepaskan Prada Syaiful dan terus terbawa arus menjauh dari jeti sampai kemudian tenggelam,” Dandim 1413/Buton menjelaskan.

Dikatakannya, upaya pertolongan pertama dilakukan dengan mengerahkan perahu wisata di sekitar Pantai Nirwana (berjarak ± 500 meter). Namun Prada Syaiful sudah tidak muncul dipermukaan.

Sekitar Pukul 17.40 wita, tiga personel gabungan dari Basarnas dan komunitas penyelam di wilayah Bau bau ditambah tiga unit perahu dari Basarnas, Posal dan Polairut oleh Dandim 1413/Buton tiba di lokasi untuk melakukan pencarian.

“Sampai dengan Pukul 19.00 Wita, upaya pencarian masih nihil disebabkan kondisi arus yang deras karena pengaruh angin,” ujarnya.

Sekitar pukul 20.00 Wita, kata Dandim 1413/Buton, upaya pencarian dengan mengerahkan Anggota Posal, Polairud, Tim SAR dan komunitas penyelam sejumlah ± 25 orang dengan menggunakan 3 unit alat selam dan 1 unit perahu namun korban belum ditemukan. Proses pencarian untuk sementara dihentikan dengan pertimbangan keamanan dan keselamatan karena malam hari.

“Rencana pencarian akan dilanjutkan besok 23 Agustus 2022 pukul 06.30 Wita. Dengan mengerahkan Anggota Posal, Polairud, Tim SAR dan komunitas penyelam sejumlah 12 personel,” ungkap Dandim 1413/Buton.

Saat ini tambah Dandim 1413/Buton, upaya pihak Kodim 1413/Buton melaporkan kejadian pendahuluan dan perkembangan pencarian kepada Ko atas.

Dengan mengerahkan segenap kemampuan pencarian melibatkan TNI/Polri, Basarnas dan Komunitas penyelam untuk melanjutkan pencarian.

Serta menyampaikan informasi pendahuluan kepada orang tua Prada Syaiful oleh Pasipers Kodim Kpt Inf Arsyad kekediaman orang tua di Kabupaten Muna. Dan melaporkan perkembangan pada kesempatan pertama. (Tribunbuton.com/Flash)