KEMENAG WAKATOBI SUKSES GELAR KOMPETISI SAINS MADRASAH SECARA DARING

321
H La Umuri pose bersama panitia KSM. FOTO IST

 

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Wakatobi Sulawesi Tenggara (Sultra) secara daring beberapa waktu lalu terlaksana dengan baik sesuai jadwal.

Sebanyak 80 siswa-siswi peserta KSM yang terdiri dari perwakilan Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tranawiah dan Madrasah Aliyah ikut berpartisipasi dalam lomba yang terpusat di gedung MAN 1 Wangi-Wangi, 13-15 Agustus 2022.

Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wakatobi, H La Umuri SPdI, MMPd, mengapresiasi KSM yang berjalan lancar tanpa ada gangguan aliran Listrik dan jaringan internet selama lomba berlangsung.

Sebanyak 80 peserta lomba itu lanjut H La Umuri, merupakan siswa-siswi terbaik utusan setiap jenjang sekolah Madrasah. Dan diharapkan bisa menjadi ajang mengasah kemampuan peserta menghadapi event lebih besar.

“Kepada para peserta KSM agar menjadikan event tersebut untuk melatih kemampuan. Sehingga ketika mewakili Wakatobi pada lomba skala besar bisa berkompetisi luas dan mengharumkan daerah,” harap H La Umuri. Jumat 19 Agustus 2022.

H La Umuri, mengatakan Kompetisi Sains Madrasah merupakan ajang strategis untuk mengembangkan bakat, kompetensi dan prestasi siswa pada bidang Sains yang dikolaborasikan dengan nilai-nilai keIslaman.

“Dasar Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2022 diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2742 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2022,” katanya.

Ditambahkannya, adapun bidang yang dilombakan masih sama seperti tahun sebelumnya. Untuk jenjang MI/SD melombakan dua bidang yaitu Matematika Terintegrasi dan IPA Terintegrasi.

Untuk jenjang MTs/SMP terdiri atas tiga bidang yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terintegrasi, dan IPS Terintegrasi. Sedangkan jenjang MA/SMA teridi atas enam bidang meliputi Matematika Terintegrasi, Biologi Terintegrasi, Fisika Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Ekonomi Terintegrasi, dan Geografi Terintegrasi.

“Atas kesuksesan pelaksanaan KSM Tingkat Kabupaten Wakatobi saya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu, baik Guru Pembimbing, Proktor, Teknisi, Pengawas ruang dan Siswa-siswi peserta KSM,” tutup H La Umuri. (Tribunbuton.com/adm)