HUT RI PRESIDEN PAKAI BAJU KEBESARAN SULTAN BUTON,TAMPIL MENAWAN DI HUT RI

138

JAKARTA, TRIPTON.TV/TRIBUNBUTON.COM – Seperti biasanya pada detik-detik peringatan HUT kemerdekaan RI, para petinggi negara mengenakan pakaian adat nusantara. Namun kali ini, Presuden RI Joko Widodo, tampil menawan dengan setelan baju kebesaran Sultan Buton (dolomani) di HUT RI ke-77 di istana negara yang jatuh pada 17 Agustus 2022.

Bukan hanya Ir Joko Widodo, Ny Iriana Jokowidodo juga tampil cantik mengenakan baju adat permaisuri Kerajaan Buton. Jika presiden memakai setelan warna merah kombinasi putih dengan sarung hitam putih, maka istrinya mengenakan pakaian adat berwarna biru terang bermahkota.

Baju adat dolomani merupakan pakaian kebesaran Sultan Buton di masa lalu. Baju dolomani selalu digunakan oleh Sultan Buton ketika menghadiri pertemuan penting di kala itu.

Dolomani di masa Kerajaan Buton, selalu dikenakan oleh Sultan Muhammad Ali, Sultan Buton ke-35. Motif yang melekat pada dolomani, melambangkan keagungan.

Sementara baju adat yang dipakai oleh Iriana adalah kombowa. Merupakan pakaian adat perempuan yang selalu dipakai pada acara-acara sakral.

TRIPTON TV / TRIBUNBUTO.COM / PUTRA MELAPORKAN