DPPKB BUTUR LAUNCHING PROGRAM DASHAT

239
Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Utara Menyerahkan Bantuan Kepada Salah Satu Pengurus DASHAT

 

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara (Sultra). Melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Lounching Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Di Kampung KB Desa La angke Kecamatan Kulisusu. Senin 15 Agustus 2022.

Kegiatan DASHAT mencakup edukasi perbaikan gizi dan konsumsi pangan ibu hamil, ibu menyusui, serta balita. Dalam hal ini, masyarakat akan diberi sosialisasi terkait pangan lokal yang terjangkau, bercita rasa, dan bergizi baik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Butur, Muhammad Hardhy Muslim Zakaria, mengatakan DASHAT dibentuk sebagai salah satu bentuk upaya mencegah stunting. Melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga berisiko stunting seperti calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta/balita terutama dari keluarga kurang mampu.

Mewakili Bupati, Sekretatis Daerah Muhammad Hardhy Muslim Buka Secara Resmi Kegiatan Launching Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT).

Kegiatan DASHAT, lanjut Muhammad Hardhy, bertujuan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat melalui optimalisasi sumber daya pangan lokal dalam rangka mempercepat upaya penurunan stunting di tingkat desa/kelurahan.

Sekda Butur yang juga sebagai Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana itu me jelaskan Pemkqb Butur melalui lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah bertekad untuk mengubah kampung keluarga berencana menjadi kampung keluarga berkualitas (KB).

“Untuk mewujudkan kampung KB agar tidak hanya slogan, maka diperlukan langkah-langkah konkret yang dilakukan masyarakat untuk kemajuan kampungnya,” ujar Hardhy saat wakili Bupati Butur membuka secara resmi kegiatan launching DASHAT.

Salah satu langkah konkret untuk mengisi kampung KB tambah Sekda Butur, adalah dengan program DASHAT. Kegiatan DASHAT mulai dicanangkan dengan tujuan mengatasi stunting di daerah-daerah. Penyebab masalah stunting adalah kondisi kesehatan yang tidak optimal dan asupan nutrisi yang tidak optimal.

Dengan adanya DASHAT, Hardhy berharap setiap ibu hamil, ibu yang hendak hamil, dan ibu menyusui lebih diperhatikan asupan nutrisinya.

“DASHAT dapat menjadi referensi di daerah, misalnya, jika ibu hamil ingin masak makanan sehat maka tanyakan cara dan bahannya ke DASHAT,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Lounching itu. Sekda Butur membagikan beras secara simbolis pada salah satu pengurus Dahsat. (Tribunbuton.com/Asm)