EMPAT ROMBONGAN KHAFILAH DISAMBUT SECARA RESMI

172
Persembahan Tarian Ngibi Saat Penyambutan Rombongan Khafilah Festival LASQI Berskala Besar III dari Kabupaten Konawe. FOTO:ASMAN/TRIBUNBUTON.COM

 

BUTUR, TRIBUNBUTON.CON – Hari ini sebanyak empat rombongan khafilah yang bakal berkompetisi di ajang Festival Seni dan Qosidah Indonesia berskala besar III tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2021. Selaku tuan rumah Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) menyambut secara resmi kedatangan khafilah di Aula Kantor Bappeda, Sabtu 20 November 2021.

Wakili Bupati Butur Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sambut Kedatangan Rombongan Khafilah Kabupaten Bombana.FOTO:ASMAN/TRIBUNBUTON.COM

Pantauan media ini, rombongan khafilah Kabupaten Wakatobi lebih awal disambut Pemda Butur, kemudian khafilah dari Konawe disusul rombongan dari Kota Kendari selanjutnya dari Kabupaten Bombana.

Semarak penyambutan diwarnai dengan persembahan tari “ngibi” merupakan salah satu kesenian khas daerah yang terus dikembangkan yang tetap dijaga kelestariannya. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Satgas covid-19 Butur ditugaskan melakukan screening dan swab antigen guna mencegah penyebaran virus Corona di “Tanah Liputinadeakono Sara”.

Prokes merupakan langkah tepat mencegah lonjakan kasus penyebaran covid-19 selama kegiatan penyelenggaraan festival Lasqi di Butur,”kata jubir covid-19 Butur Dr Ali Badar.

Sebanyak 20 orang satgas penanganan covid-19 Butur diturunkan guna penertiban dan penerapan prokes saat kegiatan berlangsung,”Hari ini yang bertugas kurang lebih 30 orang, 10 dari anggota TNI dan 20 orang dari sipil,” tutupnya. (m2)