SUKSESKAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR PERPUSTAKAAN WAKATOBI LUNCURKAN PROGRAM TPBIS

77
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Wakatobi, Muhlida

WAKATOBI, TRIBUN BUTON

Pemerintah Kabupaten Wakatobi serius dalam membangun minat baca masyarakatnya sesuai dengan Program Pemerintah Daerah “Merdeka Belajar”. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Wakatobi meluncurkan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusif Sosial (TPBIS).

Kadis Perpustakaan Wakatobi, Muhlida, mengatakan, sejak 2018 perpustakaan nasional menunjukan kepada seluruh masyarakat yang ada Indonesia khususnya baik kota maupun di pedesaan agar selalu berkegiatan di dalam perpustakaan untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki melalui Program TPBIS baik dari segi kerajinan tangan, koki, kesenian, bahasa asing, komputer, dll.

Artikel Menarik Lainnya :  Pengolahan Wilayah Pesisir dan Laut, Pemkab Wakatobi Gelar Pertemuan MHA

“TPBIS merupakan program pemerintah kepada Seluruh masyarakat terutama di Desa untuk bisa manfaatkan sumber daya alam yang ada dilingkunganya,” ungkap Muhlida, Saat ditemui diruang kerjanya Jum’at 23 April 2021.

Muhlida juga menjelaskan, untuk meningkatkan program TPBIS serta Program Merdeka belajar ,Dinas perpustakaan menyerukan agar setiap Desa harus memiliki perpustakaan.Terkait peningkatan Keterampilan Masyarakat, Dinasnya akan menyiapkan tenaga pengajar diperpustakaan Daerah.

“Setelah kantor kami dibenah, seluruh aktifitas keterampilan yang dimiliki oleh masyarakat akan disiapkan diPerpustakaan Daerah,” tambanya.

Artikel Menarik Lainnya :  TARIAN TRADISIONAL AWALI DEKLARASI PASLON BUPATI/WAKIL BUPATI P-GOLKAR DAN KOALISI

Lanjutnya, untuk melihat keseriusan serta kesiapan disetiap Desa yang ada di Kabupaten Wakatobi, Dinas Perpustakaan melakukan Lomba Perpustakaan tingkat Umum.

” Kami akan uji dengan mengadakan lomba tingkat Umum,dan Alhamdulillah tahun ini perpustakaan Desa Pookambua yang keluar sebagai juara 1,dimana sebelumnya, Perpustakaan Desa Sombu sudah ditetapkan sebagi perpustakaan percontohan di Kabupaten Wakatobi,” tutup Muhlida. (m2)

Komentar Anda