PEMKAB BUTON IKUT LAUNCHING APLIKASI SIM ONLINE

499
Bupati Buton La Bakry bersama Kapolres Buton AKBP Gunarko, perwakilan Kajari Buton dan perwakilan Ketua PN Pasarwajo sedang mengikuti launching aplikasi SINAR di Ruang Aula Endra Dharmalaksana Polres Buton. FOTO:ILW/TRIBUNBUTON.COM

BUTON, TRIOBUNBUTON. COM

Kapolres Buton, AKBP Gunarko bersama Bupati Buton, La Bakry dan unsur Forkopimda mengikuti kegiatan Launching Aplikasi SIM Nasional Presisi (Sinar) secara virtual, Rabu, 14 April 2021

Dalam kesempatan ini, Bupati Buton, La Bakry, menjelaskan bahwa progres ini merupakan suatu terobosan yang luar biasa yang dibuat oleh Polri dan Korlantas pusat. Dalam hal ini Bupati mengharapkan supaya dapat dilakukan sosialisasi ke daerah-daerah terlebih dahulu sehingga aplikasi ini dapat diterapkan.

Sementara itu, Kapolres Buton, AKBP Gunarko mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan sosialisasi aplikasi Sinar kepada masyarakat untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan SIM dan dalam aplikasi ini dibutuhkan jaringan yang bagus, sehingga apabila jaringan bagus, warga bisa mendownload dan memberlakukan SIM Online dengan handphone di mana saja berada. Ia juga menegaskan, keamanan data pada aplikasi Sinar ini akan terjaga, karena Korlantas sudah mempelajari terkait keamanan data dan privasi pemilik SIM melalui tekhnologi-tekhnologi yang sudah dibuat sebelumnya.

“Aplikasi ini adalah aplikasi baru berbasis online, ini adalah bagian untuk mendukung program 100 hari Kapolri. Aplikasi Sinar tersebut bertujuan juga mengurangi penyebaran Covid-19 karena jika ingin melakukan kepengurusan SIM bisa langsung melalui aplikasi tanpa harus datang di kantor”, tuturnya.

“Ini kan situasi Covid-19, jadi ini adalah bagian untuk mengurangi penyebaran Covid-19, agar nanti masyarakat tidak berkerumun lagi melakukan antrian di kantor Satlantas,” jelasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Danramil 1413-02/Pasarwajo, perwakilan Ketua Kejari Buton, perwakilan Ketua PN Pasarwajo, perwakilan Cabang Bank BNI Pasarwajo dan perwakilan Kantor Pos Pasarwajo. (Ilw)