RIDWAN: TINGGALKAN EGO UNTUK KEMAJUAN

417
Muhammad Ridwan Zakariah, Bupati Kabupaten Buton Utara Saat Menandatangani SK Kepengurusan TP PKK. FOTO: ASMAN/TRIBUNBUTON.COM

BUTUR TRIBUNBUTON.COM
Bupati Buton Utara (Butur), Muh Ridwan Zakariah mengukuhkan 70 pengurus organisasi Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) di Aula Kantor Bappeda Butur, Sabtu 13 Maret 2021.

Unsur Ketua dan Anggota Pokja TP PKK Butur. FOTO: ASMAN/TRIBUNBUTON.COM

Pada Kesempatan itu Ridwan Zakariah menjelaskan organisasi merupakan wadah atau sarana bagi sekumpulan individu yang memiliki kesamaan sasaran dan tujuan sesuai kompetensi setiap bidang para anggotanya. Demi keberhasilan 10 Program PKK yang telah digagas, anggota dituntut dan wajib menurunkan ego untuk tujuan bersama dalam mengisi pembangunan di wilayah.

“Sudah bukan rahasia lagi jika manusia itu adalah “makhluk egois“. Bila sifat ego ada dalam organisasi dipastikan organisasi hanya punya program, tetapi kegiatan tidak dijalankan. Ketika berorganisasi ego harus dihilangkan sehingga tercipta suasana nyaman dalam bekerja. Tujuan organisasipun dapat tercapai sehingga menambah nilai ekonomi di masyarakat,” ujar Ridwan.

Artikel Menarik Lainnya :  Hut Desa Mekar Jaya, Bupati Butur Beri Kado Sepesial

Mantan Sekda Buton itu mengatakan saat terjun di dalam suatu organisasi maka kepentingan organisasi lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi. Agar dalam pembentukan karakter dan lingkungan sangat berpengaruh dalam mengambil keputusan atau tindakan yang dilakukan anggota.

Salah satu hal yang sangat penting di dalam sebuah organisasi adalah kebersamaan dari setiap anggota dan pimpinannya yang akan sangat menentukan kemajuan dan perkembangan organisasi dikemudian hari.

Di dalam suatu tim, diperlukan tingkat kepercayaan dan keterbukaan yang sangat tinggi agar dapat berjalan efektif sehingga setiap anggota memerlukan kemampuan interpersonal dan intrapersonal yang baik,”kata Ridwan

“Setiap individu yang tergabung dalam Pokja harus memiliki rasa kebersamaan, tidak egois, rendah hati, dan rela berkorban. Sehingga tujuan pembangunan dan pemberdayaan keluarga dapat tercapai,’ucapnya.

Dirinya berharap agar pengurus TP.PKK meninggalkan ego masing-masing untuk tujuan bersama. Sebab di dalam organisasi terdapat karakteristik yang berbeda-beda. Mampu mengembangkan bakat dan minat sesuai dengan keahlian masing-masing disetiap Program Kerja (Pokja) PKK.

Artikel Menarik Lainnya :  M RIDWAN ZAKARIAH: INGAT NIAT LUHUR PERJUANGAN PEMEKARAN

Selain itu Orang Nomor Satu di Butur menambahkan agar setiap anggota menghindarkan diri dari rasa saling benci, iri hati yang menuai kelompok terkotak-kotak. Jika setiap individu dalam sebuah organisasi memahami dan terus belajar untuk memenuhi 4 unsur diatas, maka lambat laun organisasi yang dikembangkan akan menjadi semakin kuat dan solid di kemudian hari. Kesadaran diri untuk menjadi insan yang lebih baik dan terus bertumbuh, akan sangat membantu proses perubahan kesejahteraan rakyat.

“Tanamkan dan pahami unsur kebersamaan, tidak egois, rendah diri dan rela berkorban. In sha Allah tujuan organisasi dapat tercapai,” tandasnya.(m1)

Komentar Anda