DAK UNTUK DISDIK BUTON TERUS MENINGKAT

105
Kepala Dinas Pendidikan, Harmin. FOTO:ILWAN/TRIBUNBUTON.COM

BUTON, TRIBUNBUTON. COM

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton melalui Dinas Pendidikan (Disdik) terus berkomitmen melakukan pemerataan pembangunan pendidikan di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat 8 Januari 2020.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton, Harmin, menjelaskan sejak 2018 diberi amanah untuk menduduki jabatan Kepala Dinas Pendidikan, DAK yang diperoleh Dinas Pendidikan hingga tahun 2021 ini terus meningkat.

“Dari tahun 2018 saya masuk DAK kita sebanyak Rp 18 miliar, tahun 2019 DAK yang kita peroleh Rp 37 miliar, tahun 2020 DAK kita Rp 44 miliar, dan tahun 2021 naik lagi”, tuturnya.

Artikel Menarik Lainnya :  BUPATI BUTON: SERGAM GRATIS SUDAH SESUAI SPEK

Harmin mengakui tidak mudah untuk mendapatkan DAK dari Pemerintah Pusat. Dinas Pendidikan harus melengkapi kebutuhan yang menjadi persyaratan pusat. Salah satunya adalah data harus valid, jika tidak valid maka tidak bisa terbaca di pusat.

“Karena yang kita usulkan ini bukan kita usulkan secara langsung, tapi ini melalui sistem. Jadi lengkapi sistem dan datanya sehingga apapun yang kita usulkan bisa diterima pusat”, terangnya.

Lebih lanjut dia, DAK yang diperoleh Dinas Pendidikan Buton terus meningkat grafiknya selama kurung waktu tiga tahun terakhir ini. Hal ini ujar dia, tak terlepas dari penilaian dan kepercayaan pusat terhadap data yang disodorkan Diknas ke Pusat.

Artikel Menarik Lainnya :  TIGA BHABINKAMTIBMAS DAPAT REWAR DARI KAPOLRES

Perlunya di ketahui, DAK yang diperoleh tahun ini disalurkan untuk fisik. Diantaranya pembangunan gedung baru, rehab ruang kelas belajar (RKB) dan WC. Termasuk digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain dalam rangka mendukung program Bupati Buton, La Bakry guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bumi penghasil aspal ini. (Cr1)

Komentar Anda