WUJUD CINTA RASUL PEMDA BUTUR PERINGATI MAULID NABI 1442 H

493
Pjs. Bupati Butur, Hery Alamsyah Memberi Sambutan Esensi Dari Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H. FOTO: ASMAN/TRIBUNBUTON.COM

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM

Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H (12 Rabiul Awal). Maulud sebagai ungkapan penghormatan dan kecintaan mendalam kepada Nabi Muhammad SAW, pembawa kebenaran risalah agama Islam bagi umat manusia.

Pjs. Bupati Butur, Hery Alamsyah dalam sambutannya mengatakan, peringatan maulid nabi bagi umat Islam agar kembali mengingat perjuangan Rasulullah SAW dalam menyebarkan syiar Islam, membangun peradaban masyarakat yang beliau pimpin. Merenungi mengapresiasi, dan meneladani perjuangan beliau dalam membangun tatanan kehidupan baru di Mekkah dan Madinah.

“Adapun Hikmah dan pelajaran perjuangan Nabi Muhammad SAW, bagaikan mata air yang tidak pernah kering. Semakin kita dalami perikehidupan Rasulullah, semakin terasa agungnya nilai-nilai luhur ajaran Islam. Nilai nilai luhur itulah yang mampu membimbing kita untuk menapaki kehidupan di dunia, yang penuh dengan tantangan dan cobaan,” jelasnya di Aula Kantor Bappeda, 5 November 2020.

Lebih lanjut ia menuturkan, esensi dan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sesungguhnya adalah untuk meneladani setiap pikiran, ucapan dan tindakan Rasulullah. Umat manusia patut meneladani buah pikiran cerdas dan jernih, ucapan yang santun dan lembut, serta tindakan yang arif dan bjaksana Itulah perilaku yang diwarnai oleh akhlak mulia yang mampu menebarkan rahmatan lil’aalamin.

“Walaupun beliau menjalani kehidupannya 15 abad yang lampau, tidaklah menyebabkan kita merasa jauh dari perikehidupan beliau. Justru setiap kita memperingati maulid nabi seolah hadir kembali di tengah-tengah kita perikehidupan beliau dalam menanamkan nilai-nilai kebenaran dan kesucian Al-Our’an. Menegakkan nilai universal Isiam sebagai rahmat bagi semesta alam,” tuturnya.

Ia menambahkan, sebagaimana diketahui bersama, dunia saat ini termasuk Indonesia dan Buton Utara tengah menghadapi Pandemi Global yang sangat mematikan yaitu ancaman Virus Corona (Covid-19) yang bersamaan dengan agenda Pemilu kada sementara berjalan proses tahapannya. Masyarakat agar selalu menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) menggunakan masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan menjaga jarak.

“Saya selaku Penjabat yang diamanahkan untuk mempimpin Buton Utara selama beberapa bulan ini menghimbau agar kita bersama-sama turut serta meringankan beban dan tanggungjawab pihak Polres, Kodim, KPU dan Bawasiu. Memelihara keamanan, ketertiban dan kelancaran proses kampanye hingga pemilihan pada 9 Desember 2020 nanti. Kaitannya dengan hikmah maulid pada kehidupan politik, kita harus mencontoh Rasulullah SAW yang menjunjung tinggi kehidupan rukun dan harmonis di antara umat,” harapnya.

Perilaku Rasulullah yang santun dan penuh etika, haruslah menginspirasi umatnya dalam mewujudkan demokrasi di daerah. Demokrasi yang dibangun harus menjauhkan diri dari intimidasi dan hasutan serta intrik politik, serta bentuk-bentuk pemaksaan kehendak yang justru merusak rasa keadilan. Memecah persaudaraan diantara masyarakat dalam memilih pemimpin yang amanah dan membangun serta meningkatkan kesejahteraan rakyat di 9 Desember 2020,” tutupnya. (m1)