LOMBA KADER POSYANDU PUSKESMAS TOMIA

204
Lomba Kader Posyandu UPTD Puskesmas Tomia. FOTO:IST/TRIBUNBUTON.COM

Kader Berkualitas Generasi Unggul

WAKATOBI, TRIBUNBUTON.COM – Dinas Kesehatan Kabupaten Wakatobi dan Unit Pelaksana Teknis dinas (UPTD) Puskesmas Tomia, menggelar lomba Kader Posyandu tahun 2020 di halaman Kantor Camat Tomia yang baru di perkampungan baru di atas Gaya Baru atau lebih dikenal dengan daerah seribu gua, Selasa 13 Oktober 2020.

Perlombaan yang mengambil tema “Kader Berkualitas Generasi Unggul”. Kegiatan berjalan meriah, diikuti dengan antusias oleh para kader posyandu.

Kepala Dinas Kesehatan Kab Wakatobi Muliaddin SKM MKes, didampingi Kepala UPTD Puskesmas Tomia La Ode Jumadir, SKep NsMM, mengatakan peserta lomba adalah kader posyandu dari enam posyandu yang mewakili sepuluh desa/kel yang berada di wilayah Kecatan Tomia.

“Setiap posyandu terdiri dari 5 kader posyandu. Jadi kegiatan ini diikuti 6 posyandu dengan peserta sekitar 30 kader posyandu,” terang Muliaddin di sela-sela kegiatan perlombaan.

Artikel Menarik Lainnya :  Bupati Wakatobi Pimpin Apel Pagi Hari Pertama Masuk Kerja Usai Libur Lebaran

Untuk kategori yang dilombakan penyuluhan, pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS), dan sembilan langkah penimbangan. Lebih lanjut, Muliaddin menjelaskan bahwa kegiatan lomba ini bertujuan untuk memotivasi para kader posyandu agar lebih aktif lagi dalam menggerakkan posyandu di tempatnya masing-masing.

“Sehingga kualitas dan kuantitas pelayanan posyandu terhadap masyarakat semakin meningkat. Kami juga ingin masyarakat dapat hidup sehat dan mandiri, dan posyandu ini bukan hanya milik pemerintah, tapi juga milik masyarakat dan swasta,” katanya.

Dia menjelaskan, kader posyandu merupakan volunteer (relawan) yang ada di masyarakat. Dan adanya posyandu harus dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Posyandu sebagai tempat tumbuh dan berkembang. Tumbuh artinya ada kenaikan pada berat dan tinggi badan balita. Sedangkan berkembang, maksudnya otak balita dapat berkembang dengan maksimal,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, balita merupakan generasi masa depan yang harus terjaga kualitasnya. Dan di posyandulah tempat yang bagus untuk menjaga kualitas tersebut. Sebab, balita selalu ditimbang setiap bulan di posyandu, dan ada juga kegiatan stimulasi, deteksi, dan intervensi dini penyimpangan tumbuh kembang.

Artikel Menarik Lainnya :  Silaturrahmi Dengan Pemkab Wakatobi, Hugua Tampung Sejumlah Aspirasi

“Jadi kader posyandu harus paham itu semua. Karena itu, kami ingin meningkatkan kualitas posyandu bukan hanya dari segi keterampilannya saja, tapi juga dari segi knowledge (pengetahuan) posyandunya,” ucap Muliaddin.

Plt Camat Tomia, La Ode Safihudin, S.Sos, M.Si yangt hadir dalam kegiatan ini berharap agar kader posyandu dapat membantu pelaksanaan program-program pemerintah. “Saya berharap kader posyandu bisa membantu pelaksanaan program pemerintah,” ujar Safihuddin . Selain itu kegiatan dilaksanakan di halaman kantor camat Tomia yg baru diatas gaya baru atau biasa disebut dengan daerah seratus gua. (adm)

Komentar Anda