APBD PERUBAHAN 2020 BAUBAU Rp 895 MILYAR

122
Persetujuan bersama Raperda APBD menjadi Perda di Kantor DPRD Baubau. FOTO: MIRA/TRIBUNBUTON.COM

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM

Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan 2020 Kota Baubau, telah di tetapkan sebesar Rp 895 milyar. Raperda perubahan APBD perubahan 2020 ini telah ditetapkan menjadi perda melalui rapat paripurna di Kantor DPRD Kota Baubau bersama Pemerintah Kota Baubau, 16 September 2020.

Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH mengatakan, hal ini telah melalui pembahasan dan melalui proses panjang sehingga sampai pada kesepakatan bersama oleh anggota DPRD Kota Baubau. Kata dia, penetapan ini juga sudah sesuai dengan mekanisme bersama fraksi-fraksi dan komisi di DPRD Baubau.

“APBD merupakan jembatan mewujudkan Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya. Hal ini juga sebagai perwujudan pengelolaan keuangan yang sehat, efektif dan berkelanjutan,”jelas Tamrin.

AS Tamrin mengatakan, APBD perubahan 2020 ini fokusnya untuk pembenahan sektor ekonomi, kesehatan dan jaring pengaman sosial. Yang di tujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Artikel Menarik Lainnya :  PELANTIKAN 25 ANGGOTA DPRD BAUBAU BERJALAN HIKMAT

Proporsi terbesar pendapatan daerah ini, masih berasal dari dana perimbangan yang menampik proporsi terbesar. Karena pendapatan daerah masih berasal dari dana perimbangan yang merupakan dana transfer dari pemerintah pusat.

“Proporsi dana perimbangan sebesar 76,21 persen dari total pendapatan daerah. Sedangkan PAD baru memberikan kontribusi sekitar 12.06 persen dan lain-lain, sementara pendapatan daerah yang sah sebesar 11,73 persen,”jelasnya.

Dikesempatan yang sama, Ketua DPRD Kota Baubau, H Zahari menjelaskan, setelah disepakati bersama, perda itu masih akan dikonsultasikan ke tingkat Provinsi. Dengan begitu perda yang telah ditetapkan barulah bisa eksis.

Sementara kata dia, dalam pemaparan Pemkot Baubau ada porsi biaya tak terduga (BTT) khusus penggunaan covid-19 dan yang dapat digunakan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). BTT Covid-19 Rp 46 miliar yang tidak dapat di ganggu gugat, BTT untuk OPD Rp 41 miliar.

Artikel Menarik Lainnya :  UMU BUTON Diresmikan, Ada Kelas Miskin

“Kita minta BTT Iain itu dialokasikan jangan terlalu besar kalau bisa Rp10 miliar saja, karena proyeksi pendapatan daerah menurun,”katanya.

Dalam pidatonya, Sekretaris DPRD Baubau, Yaya Wirayahman, menjelaskan total porsi APBD Perubahan tahun 2020 sebesar 834,4 milyar. Kata dia, pendapatan bersumber dari PAD senilai Rp 99,6 miliar, Dana perimbangan Rp 649,5 miliar dan Lainlain Pendapatan yang Sah Rp 79,2 miliar.

“Sedangkan jumlah belanja sebesar Rp 895.2 miliar. Terdiri dari belanja tidak Iangsung Rp 494,7 miliar dan belanja Iangsung Rp 400,4 miliar,”paparnya. (m3)

Komentar Anda