RIDWAN: UMKM DAN SEKTOR PERKEBUNAN AKAN DIKEMBANGKAN

229
Ridwan Zakariah, Bakal Calon Bupati Butur Periode 2021 - 2025. Foto: Asman/tribunbuton.com

Jalan Rusak Dari Wakorumba ke Ereke Seperti Naik Kuda

BUTUR, TRIBUNBUTON.COM (Asm)

Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur) dengan dengan akronim RIDA (RIDWAN ZAKARIAH – AHALI) berkomitem mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Sektor Perkebunan.

Ridwan Zakariah memaparkan, industri manufaktur, agribisnis pertanian, bisnis kelautan dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) adalah empat kegiatan ekonomi utama rakyat motor penggerak pembangunan di Butur. UMKM sebagai pengembangan kawasan andalan untuk mempercepat pemulihan perekonomian.

“Guna mewadahi program prioritas dan mengembangkan berbagai sektor dan potensi daerah,” ungkapnya kepada Tribunbuton.com usai sosialisasi di Desa Lambale, Kecamatan Kulisusu Barat, Sabtu 20 Juni 2020.

Artikel Menarik Lainnya :  12 Raperda Diserahkan ke DPRD Butur

“Hampir 70% masyarakat Butur adalah petani, olehnya itu pembangunan dibidang investasi harus dikembangkan. Bila lapangan kerja tersedia perekonomian rakyat akan teratasi. Sektor perkebunan menjadi prioritas utama yang sudah kita siapkan landasannya,” tambahnya.

Menurutnya selain sektor perkebunan, peningkatan mutu kualitas pemberdayaan masyarakat tidak akan terpenuhi jika tidak dikembangkan. Butur merupakan daerah yang sangat kaya akan potensi sumber daya alamnya. Di antaranya sektor pertanian, sektor perikanan dan kelautan, sektor industri baik kecil dan besar.

Menurut dia, sektor-sektor tersebut harus didukung oleh pasar yang menjadi tugas pemerintah ketika memberdayakan masyarakat. Pasar harus disiapkan baik di tingkat lokal, nasional dan pasar internasional. Jika pasar tidak disiapkan maka masyarakat akan berteriak sebab mau dibawa kemana hasil produksinya dan itu menyengsarakan rakyat.

Artikel Menarik Lainnya :  UNBK DI BUTUR TAK TERPENGARUH COVID-19

Kata dia, pengembangan sektor ekonomi kerakyatan harus didukung oleh pembangunan infrastruktur. Jalan merupakan salah satu penunjang memudahkan masyarakat memobilisasi barang dan jasa yang telah diproduksi.

“Yang sangat krusial saat ini adalah masalah jalan, dimana-mana jalan kita di Butur ini rusak berat luar biasa. Kemarin saya dari Wakorumba ke Ereke, naik mobil tapi rasa kuda. Masa kepemimpinan saya infrastruktur jalan menjadi prioritas. Mendatangkan sponsor dari Jerman untuk kerja jalan dengan sistem dan teknologi canggih. contohnya pondasi jalan yang pernah dibangun di La’e bulan November 2011,” bebernya.(#)

Komentar Anda