768 PENUMPANG KM LAMBELU TAK TERDETEKSI CORONA

763
CEGAH CORONA Penumpang KM Lambelu yang baru tiba, dikawal ketat dan diperiksa satu persatu di Pelabuhan Murhum. FOTO:Mira/tribunbuton.com

BAUBAU, TRIBUN BUTON, (Mira)

KM Lambelu tiba di Pelabuhan Murhum Baubau pukul 5.30 Wita, 768 penumpang dipastikan bebas Corona (Covid-19). Hal ini berdasarkan prosedur pemeriksaan penumpang oleh Tim Gugus Satuan Tugas (TG Satgas) Covid-19 yang ekstra ketat , Senin 6 April 2020.

Kepala Unit Pelayanan Pelabuhan (KUPP) Murhum Kota Baubau, Pradigdo, usai memantau menjelaskan semua penumpang didata dengan ketat oleh TG Satgas Covid-19 Kota Baubau sebelum meninggalkan pelabuhan. Saat penumpang turun pihak kepolisian dan Satgas dari BPBD melakukan penyemprotan disenfektan dan pemeriksaan kartu pengawasan kesehatan.

“Setelah mengisi itu lalu dicek suhunya di thermal scaner, setelah itu mereka keluar menyetor kartu pengawasannya yang telah diisi kepada petugas agar kami bisa mengetahuai dari dan dimana saja mereka tinggal,” jelas Pradgdo.

Pradigdo memastikan semua penumpang KM Lambelu aman dan tidak ada gejala terjangkit virus corona (Covid-19). Karena kata dia, empat penumpang KM Lambelu yang positiv corona telah turun sejak 28 Maret 2020 di Nunukan dan merupakan pelayaran pertama sementara 768 penumpang yang tiba hari ini adalah pelayaran ke dua.

“KM Lambelu melanjutkan pelayaran 28 Maret dari Nunukan – Balikpapan, 29 Maret, Balikpapan- Pare-Pare, 30 Maret Pare-Pare – Makassar, 31 Maret berangkat lagi tujuan Makassar-Pare-Pare,” katanya.

Pada 31 Maret dilanjutkan pelayaran Pare-Pare – Balikpapan. Pada 1 April kembali berlayar tujuan Balikpapan – Tarakan, 2 April Tarakan – Nunukan, 3 April Nunukan – Pantoloan, 3 April Pantoloan – Balikpapan, 4 April Balikpapan – Pare-Pare, 5 April Pare-Pare – Makassar, dan 6 April KM Lambelu barub melakukan pelayaran tujuan Makasar – Baubau.

“Jadi penumpang yang positif itu berada pada pelayaran yang pertama dan tidak ke Baubau. Pelayaran kedua baru masuk Baubau,” pungkasnya. (*)