KEPTON BERSATU LAWAN COVID 19, RSUD BAUBAU JADI RS RUJUKAN

198
Sinkronisasi pencegahan dan penanganan Covid 19, RSUD Baubau jadi RS rujukan lima Kabupaten di Kepton, Buton, Buton Utara, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Kabupaten Wakatobi. FOTO: HASMIRA/TRIBUNBUTON.COM

BAUBAU, TRIBUN BUTON.COM (Mira)

Kota Baubau, Buton, Buton selatan, Buton Utara, dan Wakatobi bersatu dalam melawan wabah virus Corona (Covid-19). Kolaborasi antara Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau dan empat Pemerintah Kabupaten lainya tertuang dalam rapat sinkronisasi penanganan dan pencegahan Covid-19 pada wilayah rujukan Rumas Sakit Umum Daerah Baubau, di Aula kantor Wali Kota Baubau, 01 April 2020.

Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin MH menjelaskan, Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi telah menetapkan Rumah Sakit Umum Daerah Baubau sebagai rumah sakit rujukan covid-19. Kata AS Tamrin, ada lima daerah cakupan yang menjadi tempat rujukan Covid-19 di RSUD Baubau, yaitu Baubau, Buton, Buton Selatan, Buton Utara, dan Wakatobi.

Artikel Menarik Lainnya :  KEPALA KEMENAG BAUBAU APRESIASI SE WALIKOTA

“Untuk itu, diperlukan mekanisme yang harus dipahami secara bersama. Sebab koordinasi penanganan pasien tak semudah yang dibayangkan,”pungkasnya.

AS Tamrin mengatakan, soal pencegahan penyebaran Covid-19 ini, memiliki banyak tingkatan mulai dari ODP, PDP, suspect hingga dinyatakan positif atau negatif. Oleh karenanya masing-masing tahapan ini perlu disikapi dengan bijak.

“Untuk RSUD Baubau sebagai rujukan, saat ini kita sudah menyiapkan ruang isolasi,”kata AS Tamrin.

Artikel Menarik Lainnya :  DUA WANITA ITU DIHABISI PAKAI PISAU DAPUR

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini menjelaskan, agar maksimalnya sebuah peran, maka seetiap wilayah yang masuk dalam rujukan perlu perencanaan yang matang, juga perlu melibatkan SDM, anggaran, sarana dan prasarana serta prosedur yang tepat. Karena yang akan dirujuk kata dia, bukan barang maka diperlukan kesepakatan bersama untuk menetapkan.

Rapat dipimpin langsung Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin didampingi Sekda Kota Baubau, Dr Roni Muhtar bersama Sekda Buton, Sekda Busel, Perwakilan Pemkab Butur dan Asisten I Setda Wakatobi. (*)

Komentar Anda