DI BUTUR ADA 43 ORANG ODP

365
Kepala Dinas Kesehatan Butur, dr. Kasrul/FOTO ASMAN : TRIBUNBUTON.COM

BURANGA, TRIBUBUTON.COM (Asm)

Gugus Satuan Tugas (Satgas) Penanganan penyebaran Coronavirus (Covid-19) melakukan pelayananan screening warga dari luar Buton Utara (Butur). Sebanyak 1299 orang telah discreening dan ada 43 Orang Dalam Pemantauan (ODP) tersebar di beberapa wilayah Butur.

Asiruddin

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Butur, Kasrul, mengatakan sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) dinyatakan status ODP apabila seseorang dari daerah transmisi yang memang sudah terjangkit virus. Lalu tiba di daerah lain. Setelah diperiksa ada gejala demam dan batuk maka dinyatakan status ODP.

Data scrining se Butur. FOTO: ASMAN/TRIBUNBUTON.COM

Lebih lanjut, Kadis Dinkes menjelaskan apabila ada gejala-gejala tambahan seperti demam, batuk dan flu kemudian ada pemeriksaan lebih lanjut ke paru-paru terdapat kelainan maka masuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Jika masih ada lagi tambahan sesak maka masuk kategori suspect (curiga) terkena covid-19.

“Satgas pelayanan kesehatan selalu siap siaga memantau orang dalam status ODP, yang berpotensi ke PDP,” ungkapnya.

Humas Dinkes, Asiruddin, menambahkan saat ini Butur sesuai data per 24 Maret 2020 kasus ODP masih akan bertambah jumlahnya diwilayah Buton Utara. Sebab masih banyak warga yang berada di luar daerah.

Selaku Juru bicara (Jubir) Dinkes, menyampaikan imbauan Kadiskes bahwa untuk mencegah penularan serta penyebaran covid-19 masyarakat harus disiplin menjaga diri dengan tidak meninggalkan rumah bila dianggap tidak perlu. Serta menghindari kontak dan kumpul-kumpul mengadakan seminar atau apapun jenisnya. Insya allah penularan virus corona tidak akan terjadi.(#)

Komentar Anda