DEFLASI, BAUBAU MULAI INFLASI RINGAN

575

 

  • Sudirman: Semoga Tidak Mengalami Inflasi Tinggi

BAUBAU, TRIBUNBUTON.COM/TRIPTON

Kota Baubau di tahun 2020 sempat mengalami deflasi. Meskipun begitu, kondisi perekonomian masih berjalan seperti biasanya. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Baubau, Sudirman K SPi MSi, Rabu 18 Maret 2020.

Sudirman menjelaskan ketersedian bahan-bahan yang bersifat umum masih cukup. Kecuali beberapa alat-alat kesehatan yang mulia berkurang.

“Sejak Februari mulai inflasi meskipun inflasinya sangat rendah. Semoga Kota Baubau tidak mengalami inflasi yang tinggi sehingga masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam berbelanja”, tuturnya.

Deflasi adalah suatu periode di mana harga-harga secara umum jatuh dan nilai uang bertambah. Deflasi adalah kebalikan dari inflasi, bila inflasi terjadi akibat banyaknya jumlah uang yang beredar di masyarakat, maka deflasi terjadi karena kurangnya jumlah uang yang beredar. Salah satu cara menanggulangi deflasi adalah dengan menurunkan tingkat suku bunga. (dilansir dari wikipedia)

Sudirman menjelaskan, pihaknya akan selalu memantau harga setiap saat baik terjadi penurunan ataupun peningkatan harga. Termasuk juga melihat ketersedian stok barang di Kota Baubau. “Ketersedian stok barang harus terus di pantau secara bersama-sama”, tutupnya.

Kepala BPS Baubau berharap agar seluruh responden di Kota Baubau melaporkan kondisi sebenarnya terkait harga barang dan ketersediaan stok barang baik di kios maupun di toko-toko. Karena hal ini sangat membantu pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan kondisi perekonomian.

Dia berharap Pemkot sesegera mungkin mengambil langkah-langkah untuk melihat bagaimna perkembangan ekonomi di Kota Baubau dengan melihat kondisi yang ada saat ini.(#)

Muliadi Putra