DINAS KEBUDAYAAN BUSEL BAKAL REHABILITASI BARUGA

1473
Ali Rosddin. FOTO:ILWAN/TRIBUNBUTON
  • Tokoh Adat Akan Diberi Honor

BUTON SELATAN, TRIBUNBUTON (ILW)

Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara melalui Dinas Kebudayaan bakal merehabilitai baruga (rumah adat) tahun ini. Rencana ini telah disetujui Bupati Busel, H La Ode Arusani.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Busel, Dr Ali Rosddin, menjelaskan baruga di setiap kecamatan akan direhabilitasi. Tahun ini ada empat baruga yang akan direhabilitasi, yakni di Kecamatan Lapandewa, Sampolawa, Kadatua, dan Batauga.

“Rehabilitasi baruga adalah untuk melestarikan rumah adat yang juga merupakan bagian dari Budaya Buton Selatan,” ujar Ali Rosddin, Rabu 26 Februari 2020.

Selain sebagai pelestarian budaya Busel, Baruga adalah sebagai tempat aktivitas kegiatan budaya masyarakat. Selain itu, pihaknya akan melakukan pembinaan sanggar, serta pemberian tunjangan untuk tokoh adat berupa honor di setiap kecamatan di Kabupaten Busel.

Ia berharap untuk program tahun 2020 ini menjadikan Kabupaten Busel memiliki aspek budaya kompeten. Selain itu sekiranya budaya bisa diminati masyarakat, khususnya masyarakat Busel.(#)