SAMPAH DI BUTUR BERSERAHKAN

209

 

BURANGA, TRIBUNBUTON.COM, Asm

Sampah berserahkan di hampir seluruh Kecamatan Kulisusu, Kabupaten Buton Utara. Bahkan masyarakat membuang sampah di laut.

Ardin, salah satu warga Kelurahan Wandaka, mengatakan persoalan tumpukan sampah meresahkan. Seslain itu bau busuk menyengat saat melintas di jalan.

“Di beberapa tempat tumpukan sampah yang berserakan dan bau seperti di lapangan tenis Raja Jin, di jalan menuju SOR, di bagian wisata Pantai Mowuru,” ungkapnya.

Dia berharap sampah cepat diangkut apalagi sudah musim hujan. Lambannya pengangkutan sampah menurut dia ini memprihatinkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup(Ka-DLH), Alifuddin Zuhri, mengatakan masalah penanganan sampah di Butur dikarenakan kurangnya armada dan fasilitas untuk membersihkan dan mengangkut sampah yang berserahkan di seputaran Kulisusu. “Kami sudah bekerja maksimal untuk memimnimalisir masalah tumpukan sampah dengan menurunkan armada ala kadarnya serta fasilitas yang sudah terbilang tidak layak dipakai, mobil pengadaan 2008 dan 2013 yang sering mogok,”ucap Alifuddin kepada awak media saat ditemui di ruangannya, Senin(24/2/2020).

Artikel Menarik Lainnya :  RAPAT EVALUASI KECAMATAN KAMBOWA BUMDES JADI SOROTAN

Alifuddin menerangkan, pihaknya telah berkali-kali menyuarakan ke DPRD saat rapat bersama pemerintah Daerah, membahas masalah keluhan masyarakat mengenai sampah dan solusinya dimasyarakat dan Perda nomor 6 tahun 2012 namun tidak mendapat tanggapan. “Saat ini kami berinisiatif bekerja sama dengan pihak kelurahan agar membantu anggaran DLH menangani masalah sampah yang berserakan dimana-dimana dengan mengadakan tempat pembuangan sampah (TPS) di depan rumah warga dan tempat-tempat strategis untuk pembuangan sampah keluarga,”terang Eks. Direktur RSUD Butur ini.

Artikel Menarik Lainnya :  120 PERENCANA IKUT BIMTEK INTEGRITAS DI BUTUR

Alifuddin berharap, semoga permasalahan sampah di Butur mendapatkan solusi yang baik dan tepat demi kenyamanan masyarakat. Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di antara Desa Kalibu dan beberapa tempat di Buton Utara tidak berfungsi. Tempat Pembuangan Sampah (TPS), kini sampah terlihat seperti hiasan jalan bahkan lautpun jadi sasaran untuk tempat membuang sampah disekitaran wilayah Kec. Kulisusu.(#)

Komentar Anda