KAPOLRES BAUBAU INGATKAN 8 PRINSIP PENANGGULANGAN BENCANA

391
Kapolres Baubau, Dandim 14/13 Buton, Asisten I dan Kepala kantor BPBD Baubau, Meninjau Lokasi Rawan Bencana. Foto/Mira Tribun Buton

BAUBAU, TRIBUN BUTON(Mira)

Dalam rangka kesiap siagaan penanganan bencana alam tahun 2020, Polres Baubau bersama instansi terkait lingkup Pemkot Baubau, gelar apel kontinjensi operasi Aman Nusa II-2020. Apel kesiap-siagaan diselenggarakan secara serentak dis jajaran Polda Sulawesi Tenggara, Kamis 09 Januari 2020.

Apel Kontijensi bertujuan untuk memastikan kesiap-siagaan personil dan peralatan dalam menghadapi bencana alam di wilayah hukum Polres Baubau tahun 2020. Karena saat ini wilayah Sultra memasuki musim hujan, potensi bencana alam sangat besar, seperti yang terhadi tahun 2019 di Kabupaten Konawe Utara, Konawe, Kolaka, Kolaka Utara dan Kendari. Utnuk itu perlu adanya peran dan partisipasi semua peran untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana.

Kapolres Baubu, AKBP Zainal Rio Candra Tangkari, sebutkan delapan hal prinsip penanggulangan bencana yang perlu di perhatikan. Dianatara yakni cepat dan tepat untuk memimalisi korban dan harta benda, prioritaskan keselamatan manusia kemudia harta benda setelahnya, koordinasi dan keterpaduan antarbintansi pemerintah dan masyarakat harus dilakukan secara terpadu dan saling mendukung, harus berdaya guna seperti memanfaatkan waktu, tenaga, dan biaya sebaik mungkin.

“Pemberdayaan, dalam penanggulangan bencana masyarakat dapat membantu proses penanggulangan bencan,”jelas AKPB Rio Tangkari.

Lanjut dia, dalam penanggulangan bencana perlu adanya transparansi dan akuntanbiltas yang dilakukan secara terbuka dan dapat dipertanggung jawabkan secara etik dan hukum. Selain itu kata Rio Tangkari, bermitra juga penting karena penanggulangan bencana dapat dilakukan semua pihak, serta non dikriminasi dan non proletisi atau memanfaaatkan keadaan untuk kepentingan individu atau kelompok tertentu seperti politik atau agama.

AKBP Rio Tangkari berharap agar dengan melalui apel siaga ini, dapat memberi bekal juga pengetahuan dan keterampilan yang cukup sesuai dengan fungsi dan peran masing-masing guna menunjang tugas pengaduan kepada masyarakat.

Pantauan Tribun Buton, usai menggelar apel kesiap siagaan Kapolres Baubau, Dandim 14/13 Buton, Kasat Lantas, Asiten 1, Kepala kantor BPBD, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas PU, melakuakan peninjauan lokasi rawan bencana alam.(*)