TINGKATKAN KAPASITAS PETANI, DESA LANOSANGIA GELAR BURSA INOVASI DESA

460
Abu Hasan dalam sambutanya pada pembukaan Bursa Inovasi Desa. Foto : Asman/TRIBUNBUTON

BURANGA, TRIBUNBUTON

Dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas petani
dan upaya peningkatan perekonomian rakyat, Pemerintah Desa Lanosangia, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur) menggelar Bursa Inovasi Desa di Desa Lanosangia, Senin, 30 Desember 2019.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Butur, Abu Hasan. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini diikuti sebanyak 30 peserta. Pelatihan tersebut akan berlangsung mulai tanggal 30 – 31 Desember 2019.

Bupati Buton Utara, Abu Hasan dalam sambutannya mengatakan, pemerintah daerah telah melakukan upaya-upaya pemberdayaan masyarakat seperti, mengadakan berbagai pelatihan, subsidi petani, mendirikan pabrik pupuk M11 di desa dampala jaya, pabrik minyak VCO di Desa Waode Buri untuk mendukung program pertanian organik.

“Upaya ini dilakukan agar merangsang minat rakyat untuk mengembangkan pertanian organik sehingga meningkatkan perekonomian rakyat,” kata Abu Hasan.

Ketua Koni Butur ini menambahkan, pemerintah saat ini sedang mengusahakan bantuan dari Kementrian Kominfo untuk penguatan titik-titik signal di daerah-terpencil yang belum ada signal Telkomsel.

“Insyaallah, bulan Januari mendatang pihak Telkomsel akan turun ke Butur mensurvey dan memasang tower Telkomsel di Desa Lanosangia, Desa Lambale, dan beberapa desa di Kecamatan Kambowa dan di Kecamatan Wakorumba Utara,” ujarnya.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra ini, menghimbau masyarakatnya untuk kerja dan kerja, karena dengan bekerja akan mencapai kesuksesan dan mendapatkan kebahagiaan.(Asman)