JELANG NATAL HINGGA TAHUN BARU, POLRES BAUBAU SIAGA 1X24 JAM

468
Kapolres Baubau bersama stakeholder Kota Baubau menggelar rapat koordinasi

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Mir)

Jelang hari natal dan tahun baru, 350 Personil polres Baubau siaga 1×24 pada 27 titik yang menjadi konsentrasi pengamanan para personil nantinya. Hal ini disampaikan Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Candra Tangkari SIK, usai menggelar rapat koordinasi lintas sektoral dalam rangka operasi lilin 2019 bersama Wali Kota Baubau dan Stakeholder di Aula Mako Polres Baubau, Rabu 18 Desember 2019.

AKBP Zainal Rio Candra Tangkari menjelaskan, ada 27 titik konsentrasi keamanan jelang perayaan natal dan tahun baru yakni 12 gereja, lima lokasi wisata, lima pusat pemberlanjaan, dua terminal, satu bandara dan satu pelabuhan. Dengan tujuan mengidentfikasi gangguan keamanan seperti aksi terorisme yang menyebabkan ketidaknyamanan terhadap warga, stabilitas harga pokok pangan, loncatan arus mudik dan suiping ormas ditempat-tempat ibadah.

“Dititik tersebut kita dirikan pos-pos pelayanan, Pos POM dan pelayanan terpadu sendiri kami pantau dari Polres langsung selama 1×24 jam untuk pelayanan kepada masyarakat,”ringkasnya.

Kapolres Baubau yang baru saja dilantik itu, akan melibatkan personil sebanyak 350 personil yang akan disebar di pos-pos pelayanan dan juga pos POM selama 1×24 jam selama operasi lilin berlangsung. Dengan konfigurasi antara TNI-POLRI, Dishub, Pol PP, Pariwisata, dan Dinas Kesehatan.

“Kita akan memastikan untuk memaksimalkan pengamanan selama operasi lilin berlangsung,”kata Rio Tangkari.

Sementara itu Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH, berharap agar masyarakat juga ikut tertib demi keamanan Kota Baubau di hari perayaan natal hingga tahun baru nanti. Karena menurutnya yang paling berpotensi menciptakan kedamain di suatu daerah itu adalah masyrakat itu senidiri.

“Intinya harus ada timbal balik antara masyarakat dan pemerintah kan,”ringkas Tamrin. (*)