156 ANGGOTA BPD MENGIKUTI PELATIHAN KOPETENSI DI BUTUR

445
Pelatihan anggota BPD tingkat Kabupaten Buton Utara. Foto : Mawan/TRIBUNBUTON

BURANGA, TRIBUNBUTON

Sebanyak 156 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tingkat Kabupaten Buton Utara (Butur) yang terdiri dari ketua dan wakil mengikuti pelatihan di Aula Bappeda Butur, Rabu, 18 Desember 2019.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Butur Roman saat ditemui awak media menjelaskan, tujuan pelatihan untuk meningkatkan kopetensi bagi anggota BPD seperti, penguatan hak dan kewajiban, mekanisme pengawasan alokasi dana desa dan dana desa, serta tata cara pelaksanaan musyawarah desa oleh BPD.

“Sedangkan hasil yang diharapkan dari pelatihan ini yaitu dapat meningkatkan kinerja para anggota BPD dan ditindaklanjuti secara nyata,” kata Roman.

Dia berharap, sinergitas antara berbagai pihak juga sanggat diperlukan di desa demi suksesnya program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

“Jadi BPD harus mampu ketika berbicara anggaran. Sasaran anggaran itu mau kemana dan peruntukan dana desa untuk apa.
Jangan sampai yang disepakati dalam musyawarah bertentangan dengan regulasi. Kemudian mereka harus mengawasi jalanya pemerintahan yang ada di desa,” tandasnya.

Diketahui, pelatihan diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Kegiatan berlangsung selama satu hari. Narasumber dari DPMD, Inspektorat dan Bappeda Butur. Kegiatanya turut hadir Bupati Butur Abu Hasan dan jajarannya. (Mawan)