JIKA WARTAWAN MELIPUT MAKA PENGELOLAANYA JADI BERITA

89
Bimtek jurnalistik digelar di Aula Bawaslu Kota Baubau. FOTO:ILWAN/TRIBUN BUTON

BAUBAU, TRIBUNBUTON (Ilwan)

Teknik meliput dan menulis merupakan dua tugas yang mesti dijalani bagi seseorang yang berprofesi sebagai jurnalis. Kalau seorang wartawan sudah meliput berita maka proses pengolahannya menjadi sebuah berita tidak bisa diserahkan kepada orang lain.

Pemred Buton Pos, Irwansyah Amunu, dalam kegiatan Bawaslu Kota Baubau menjelaskan, sebelum meliput berita ke obyek sasaran ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai bekal. Yakni peralatan liputan, memahami isu yang berkembang, menyiapkan materi wawancara, memahami narasumber, sumber berita, kartu identitas, perhatikan jarak, pos liputan atau wilaya, keterikatan waktu, menjaga Kontak dan daerah konflik.

“Setelah mendapatkan materi berita langkah selanjutnya untuk pembuatan berita adalah menulis berita, dalam menulis berita perlunya adanya menentukan jenis tulisan misalnya, Seseorang dikatakan melakukan pengamatan langsung bila ia menyaksikan sebuah peristiwa dengan mata kepalanya sendiri, pengamatan ini bisa dilakukan dalam waktu yang pendek dan panjang,” jelasnya, Senin 2 Desember 2019.

Pendek, artinya setelah melihat sebuah peristiwa dan mencatat seperlunya. Contoh, peristiwa kecelakaan lalu lintas. Sedangkan panjang berarti seseorang berada dalam tempat kejadian dalam waktu yang lama.

Sehingga dalam unsur berita 5W+1H menjadi pertanyaan yang wajib dalam sebuah wawancara. Rumus ini digunakan untuk mengetahui jalan sebuah peristiwa yang hendak jurnalis jadikan berita.(#)

Komentar Anda