KOMUNITAS BYI DIRIKAN RUMAH BACA UNTUK ANAK PINGGIRAN

143
Nuryani Rahma

BAUBAU BAUBAU, TRIBUN BUTON (Mira)

Komunitas sosial Baubau Youth Inovation (BYI) Baubau, dirikan rumah baca untuk anak pinggiran Kota tidak hanya sekedar rumah baca. Komunitas yang baru saja terbentuk ini akan melakukan pembinaan dengan menerjunkan relawan ke rumah baca hal ini sebagai upaya kontribusi pemuda dalam bidang pendidikan.

Penggagas awal komunitas, Nuryani Rahma menjelaskan, dirinya serta anggota yang kurang lebih 20 orang itu termotivasi untuk mendirikan rumah baca untuk anak pinggiran karena keadaan dan juga kualitas pendidikan bagi orang pinggiran masi sangat kurang. Nuryani juga ingin memanfaatkan gerakkan pemuda agar lebih produktif dalam melakukan perubahan di kota baubau.

Meski hanya dinaungi oleh satu komunitas yang tidak begitu berpengaruh lagi, Nuryani dan kawan-kawan berhasil mendirikan rumah baca dengan luas bangunan 4X4 yang terletak di Jln poros Baubau Pasar Wajo km 11, Kelurahan Kaisabu Baru, Kecematan Sorawolio, Kota Baubau. Sedangkan dana pembangunan, komunitas pemuda ini berhasil dikumpulkan dengan menggalang dana, bazar, dan bantuan masyarakat setempat.

“Alhamdulillah ada juga masyarakat yang menyumbangkan kayu, triplex, seng juga semen,”kata Nuryani.

Sejauh ini, pembangunan rumah baca yang berdiri di atas tanah Yayasan sekolah Madrasah Ibtidaiyah Swasta AL Jariah (Mi Aljariah) ini, hampir rampung dan akan segera launching perdana pada Oktober 2019. Bahkan rencananya perkumpulan pemuda Baubau ini juga akan segera mendirikan satu rumah baca lagi di Kabupaten Buton Selatan atas permintaan warga setempat.

Ia berharap, Agar komunitas pemuda yang di gagasnya ini mendapat dukungan dari pemerintah terkait gerakkan inovasi sosial pemuda. Nuryani inginkan pemerintah melihat, bahwa di satu titik tempat di Kota Baubau masih kurang mendapatkan perhatian pemerintah. (*)

Komentar Anda