PULUHAN HEKTAR SAWAH DI LEA-LEA TERANCAM GAGAL TANAM

396

BAUBAU, TRIBUNBUTON (M.S.A)

Kekeringan, puluhan sawah milik petani terncam gagal tanam. Hal ini disebabkan debit air yang berada di tanggul di Kecamatan Lea-lea menyusut sejak musim kemarau yang melanda Kota Baubau tiga bulan terakhir.

“Tahun ini kemaraunya beda dari tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kami terancam gagal tanam. Ini sudah terjadi sejak tiga bulan terakhir. Ditambah lagi dengan debit air yang mulai menurun”, tutur Lahumuri salah satu petani yang sawahnya mengalami kekeringan Kamis 05 September 2019.

Dia juga menambahkan, selama musim kemarau sawah seluas puluhan hektar yang dimiliki beberpa kelompok tani tidak dialiri air dari bendungan yang berada di Kecamatan Lea-lea karena kondisi air yang kian menyusut.

“Untuk bibit masih aman, yang kami harapkan agar ada bantuan mesin pompa untuk mengaliri sawah kami. Untuk bibit masih aman”, tutupnya.

Dari data yang dihimpun Tribun Buton (tribunbuton.com) dilapangan, puluhan hektar lahan milik petani nampak mulai kering akibat tidak dialiri air dan terancam merugi hingga puluhan juta akibat gagal tanam.