Lampu Jalan Dari Pusat Kota Hingga Bandara Dipastikan Terhubung Tahun ini

439
Kadis Perhubungan Wakatobi saat menerima pihak pelaksana pemasangan lampu jalan untuk berkoordinasi. FOTO Duriani/Tribunbuton

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Lampu penerangan jalan dari jantung kota sebagai pusat pemerintahan hingga Bandara Matahora di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan akan terhubung tahun 2019 ini.

Kepastian bakal terhubungnya lampu penerangan jalan sejauh 23 kilometer lebih Itu, terlihat dari aktivitas pihak pelaksana program. Dimana, pihak pelaksana saat ini sedang melaksanakan proses penancapan tiang disepanjang bahu jalan yang dilewati.

Bahkan demi kelancaran pelaksanaan program, pihak pelaksana secara kontinyu melaksanakan koordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan Wakatobi. Sehingga titik penancapan tiang sesuai jalur yang ditentukan.

Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Kabupaten Wakatobi, Drs Hariadin, mengungkapkan lampu penerangan jalan dimaksud merupakan program pemerintah pusat. Dimana dua tahun terakhir pemerintah pusat telah menghadirkan 200 unit untuk konektivitas pusat kota ke Bandara Matahora.

“Tahun 2018 lalu ada 100 unit. Tahun ini juga ada tanbahan 100 unit dari APBN 2019. Sehingga tahun ini dipastikan lampu jalan ini menghubungkan pusat kota dengan Bandara Matahora,’ ungkap Hariadin, di Wangi-Wangi Sabtu 31 Agustus 2019.

Hariadin, menambahkan penempatan lampu jalan ini merupakan program Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah 18 Sulawesi Tenggara. Dan ditempatkan pada jalan-jalan yang dianggap strategis.

“Penempatan lampu jalan ini diperuntukkan untuk jalan nasional dan jalan-jalan lainnya yang dianggap strategis,” tutup Hariadin. (*)