POLRES BAUBAU APEL SIAGA ANTISIPASI KARHUTLAH

632
Kompol Ladianto

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Mira)

Antisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah), Polres Baubau gelar apel kesiapan. Apel siaga yang serentak dilakukan POLRI ini digelar di lapangan upacara Polres Baubau, Kamis 15 Agustus 2019.

Kabag Ops Polres Baubau, Kompol Ladianto mengatakan, apel siaga ini menggalang kesiapan serta menyatukan tekad untuk saling gotong royong dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan tahun 2019 di wilayah kepulauan Buton. Penyebab utama dari kebakaran hutan dan lahan tidak hanya dari faktor alam saja melainkan juga faktor manusia.

“untuk faktor alam akibat dari musim kemarau yang berkepanjangan, sedangkan faktor manusia yaitu kegiatan peladangan yang berpindah dan pembukaan perkebunan dengan membakar lahan,”jelans Ladianto.

Ladianto juga berharap agar masyarakat dapat bekerja sama dengan pemerintah Kota Baubau khususnya BPBD, pemadam kebakaran dan pihak kepolisian untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Kepulauan Buton. Untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan, Polres Baubau menerima dua buah mobil Patroli yang berisikan tandon dari Polda Sultra yang akan digunakan berpatroli bila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

“Hari ini kita juga menerima dua unit mobil tandon dari Polda Sultra, satu unit di Buton Tengah dan satunya lagi di Kota Baubau,” pungkasnya. (*)