PEMKAB BUTUR ADAKAN PAGELARAN KESENIAN DAERAH DI RAJA JIN

869

BURANGA, TRIBUN BUTON

Menjelang Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Pemkab Butur) menggelar berbagai lomba kesenian daerah di lapangan Raja Jin, 13 Agustus 2019 malam.

Bupati Butur membuka secara resmi pagelaran kesenian daerah Kabupaten Buton Utara. Foto : Deni Irawan/TRIBUNBUTON

Kegiatan tingkat kabupaten ini dibuka secara resmi oleh
Bupati Buton Utara Abu Hasan,
yang dirangkaikan dengan Festival Bharata Kulisusu ke-2 dan Sail Wonderful Indonesia ke-3 tahun 2019.

Dalam sambutannya, Abu Hasan mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan yang sifatnya turut menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 dengan secara bersamaan ikut melestarikan nilai-nilai budaya lokal.

“Berharap kedepan festival dan pagelaran seni ini bukan hanya sebagai tontonan, akan tetapi bisa menjadi tuntunan bagi generasi yang akan datang,” ujarnya.

Mantan Karo Humas Pemrov Sultra ini menambahkan, dengan hadirnya wisatawan manca negara yang tergabung dalam sail wonderful di Buton Utara, maka diharapkan Festival Barata Kulisusu dikemas lebih matang, dan menampilkan atraksi-atraksi budaya yang lebih banyak lagi.

“Untuk mengembangkan budaya lokal Butur agar bisa didikenal lebih luas, Dinas Pariwisata untuk memperbanyak program atraksi budaya khas Butur,” tandasnya.

Diketahui, pada pagelaran kesenian kali ini jenis-jenis yang di lombakan antara lain tari Lense, tari Ngibi, tari Bawlumpa dan musik Meganda. Jenis tari yang dilombakan tersebut masing-masing pesertanya berasal dari desa/kelurahan, pelajar SD, SMP, dan SMA/SMK. Sedangkan musik Meganda pesertanya diikuti oleh desa/kelurahan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemda Butur. (Deni Irawan)