KAPOLSEK WOLIO: PENJAHAT JANGAN DIBERI KESEMPATAN

805
AKP Bahtiar SSos/Foto:Mira Tribun Buton

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Mira)

Kapolsek Wolio Polres Baubau, AKP Bahtiar Ssos, imbau masyarakat Kota Baubau agar tidak memberi kesempatan kepada pelaku kejahatan. Hampir 75 persen kejahatan terjadi karna adanya kesempatan yang disebabkan oleh korban itu sendri.

Bahtiar menjelaskan, ada tiga kasus kejahatan yang paling menonjol yang sering ditanganinya, yaitu KDRT, pencurian motor dan jambret. Menurutnya selain kekerasan dalam rumah tangga, tindakan kejahatan terjadi  karna adanya peluang bagi pelaku kejahatan.

“Karna kehajahatan bisa saja terjadi apa bila ada peluang untuk pelaku,” jelasnya.

Kapolsek kelahiran Talaga Raya ini juga mengimbau masyarakat agar tidak memancing reaksi pelaku kejahatan, seperti memarkir motor tanpa mengunci ganda, bermain handphon di pinggir jalan, dan selalu memastikan pintu rumah terkunci apa bila sedang berpergian. Selain itu ia juga berharap, bagi yang memiliki kendaraan agar melengkapi surat-surat kendaraanya agar pihak kepolosian mudah melacak apa bila kehilangan kendaraan.

“Apa bila surat-surat kendaraannya lengkap, itukan ada aplikasi yang bisa membantu menemukan kalau suratnya lengkap,” ringkas Bahtiar. (*)