DIKBUD BAUBAU SEGERA IMPLEMENTASIKAN KATALOG SIPLah

664

BAUBAU, TRIBUN BUTON (Lilis)

Sektoral Pendidikan dan Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) dirancang dan telah diluncurkan sejak 26 Juni 2019 lalu oleh Kemendikbud RI akan segera diimplementasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudyaan Kota Baubau Tahun ini juga. Hal demikian dikatakan Sekertaris Dikbud Kota Baubau Kasman MPd saat di temui di ruanganya, Selasa 30 Juli 2019.

Kasman MPd, mengatakan SIPlah di Kota Baubau akan segera diterapkan tahun ini. Setelah staf mengikuti bimbingan teknis, maka katalok SIPlah akan di tindak lanjuti di sekolah-sekolah sebagai pengguna dana bos dalam bentuk operasional sekolah khususnya untuk belanja modal.

Kasman menjelaskan, dalam mengelola kriteria dana bos ada kompetisi di tingkat kota, kabupaten, provinsi bahkan tingkat Nasional. Sedangkan untuk saat ini baik itu SD maupun SMP di Kota Baubau masih dalam kategori baik.

” Tetapi sampai hari ini untuk kategori ini mungkin seluruh sekolah baik itu SD maupun SMP itu masih dalam kategori baik,” ujarnya.

Maka dari itu, pihak Dinas Pendidikan Kota Baubau mengimbau sekolah-sekolah sebagai pengguna dana BOS agar menggunakan dana sesuai RKS. Karna setiap tahunnya akan ada laporan pertanggung jawaban yang akan ditangani pihak Dikbud Kota Baubau dan diserahkan ke bidang pengelola dan aset keuangan daerah.

SIPLah adalah sistem informasi elektronik yang dapat digunakan oleh sekolah untuk melaksanakan proses PBJ secara daring yang dananya bersumber dari dana BOS. “Karena ini memang, namanya uang negara, betul-betul harus kita hati-hati hati dalam mengelolanya” tutupnya(#)