Tiga Kecamatan Ikuti Pelatihan Bursa Inovasi Desa di Butur

637
Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Buton Utara (Butur) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Butur. FOTO:DARMAWAN/TRIBUN BUTON

 BURANGA, TRIBUNBUTON (Darmawan)

Kecamatan Kulisusu, Kulisusu Utara, dan Kecamatan Kulisusu Barat mengikit pelatihan Bursa Inovasi Desa yang digelar oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kabupaten Buton Utara (Butur) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Butur di Aula Bappeda Butur, Selasa 23 Juli 2019.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Butur Sinaria dan dihadir Kepala Dinas DPMD Butur, camat tiga kecamatan, sejumlah kepala desa, perangkat desa dan masyarakat.

Tujuan kegiatan adalah mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan, serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk mendongkrak kesejahteraan sosial ekonomi kemasyarakatan dan kemandirian desa

Dalam kesempatan itu, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Butur Sinaria menjelaskan, produk utama dari program Inovasi Desa adalah Bursa Inovasi Desa. Dalam Bursa Inovasi Desa terdapat menu-menu yang diambil dari desa-desa yang memiliki inovasi desa dan telah difervikasi sehingga program ditampilkan dalam Buras Inovasi Desa bisa diterapkan di desa.

“Bursa Inovasi Desa juga merupakan yang memungkinkan terjadinya pertukaran pengetahuan di desa, “kata mantan Sekertaris Dinas Perikanan Butur ini.

Olehnya itu, Dia berharap setelah pelaksanaan Bursa Inovasi Desa dapat merencanakan pembangunan dengan baik. Semua desa yang ada di Buton Utara dalam melaksanakan pembangunan suda bisa memprogramkan ide-ide dan gagasan yang inovatif. (*)