Paceklik, Dinas Ketahanan Pangan Sediakan Sembako

40

BAUBAU, TRIBUNBUTON (Herlin)

Hadapi musim kemarau, Dinas Ketahan Pangan sediakan Sembilan Bahan Pokok (Sembako).  Selain itu, Dinas Ketahan Pangan juga bekerja sama dengan beberapa distributor di Kota Baubau untuk mencegah kelangkaan pangan.

Dinas Ketahanan Pangan melalui Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Sunarti, ditemui di kantornya Senin 23 Juli 2019 menyampaikan ketersediaan pangan aman sampai tiga bulan ke depan. Jadi hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

“Kami sudah bekerja sama dengan beberapa distributor di Kota Baubau salah satunya Toko Bandung,” ungkapnya.

Menambahkan, dari beberapa sembako yang masih tersedia. Stok beras masih aman hingga saat ini. Sembako di antaranya berupa beras, minyak , gula, sayuran, daging, cabai, kedelai, telur, dan susu.

Lanjut dia, ada produksi beras sendiri di beberapa daerah seperti Kecamatan Lea-Lea, dan Sorowolio. Pihaknya juga mendatangkan langsung dari Sulawesi Selatan untuk mencegah kelangkaan. Sedangkan stok daging, gula, dan cabai biasanya dari Kendari.

Lanjut dia, kelangkaan pangan diduga akibat terjadinya beberapa peristiwa bencana alam dan sosial. Seperti banjir, kerusuhan.

“Kaya di Buton kemarin memang ada kelangkaan, tapi bukan ketersediaan stok pangan yang habis hanya akses ke lokasi sperti itu yang susah didatangi,” tutupnya.(#)

 

Editor: Putra

Komentar Anda