Bupati Wakatobi Manfaatkan Libur Kantor Pantau Program Fisik Hibah Australia

1782
Bupati Wakatobi, H Arhawi, memantau proyek dana hibah Australia. FOTO: /TRIBUN BUTON

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), H Arhawi SE, memanfaatkan hari libur kantor Sabtu untuk memantau langsung aktivitas lapangan dari sejumlah program fisik pemerintah. Sabtu (20/7/2019).

Salah satu program fisik yang dipantau orang nomor wahid dijajaran pemerintah Kabupaten Wakatobi itu yakni penebangan sejumlah pohon disepanjang pinggir jalan yang masuk kategori jalan provinsi di wilayah Desa Komala Kecamatan Wangi-Wangi Selatan arah menuju Bandara Matahora.

Di jalan provinsi sepanjang sembilan kilometer itu, tahun 2019 ini mendapat hibah Australia sebesar Rp 50 Milyar.

Begitu pula jalan kabupaten keciprat sebesar Rp 26 Milyar Dana hibah dari pemerintah Australia untuk pemerintah Indonesia tahun 2019 sebesar Rp 500 miliyar.

Anggaran sebesar itu diporsikan untuk lima provinsi di Indonesia, dan salah satunya Sulawesi Tenggara yakni di Wakatobi. Bupati Wakatobi mengatakan hibah Australia itu diprioritaskan untuk daerah-daerah pengembangan destinasi pariwisata.

Sehingga diharapkan anggaran itu bisa menyambungkan beberapa ruas jalan untuk konektivitas destinasi wisata.

“Hibah pemerintah Australia ini untuk perbaikan dan peningkatan jalan provinsi dan kabupaten. Khususnya di daerah-daerah patiwisata,” kata Arhawi. Hibah Australia itu lanjut Arhawi, akan terus berlanjut hingga dua tahun kedepan.

Sehingga diharapkan jalan-jalan di pulau Wangi-Wangi dan tiga pulau lainnya bisa dituntaskan. “Hibah Australia untuk perbaikan dan peningkatan jalan ini bukan hanya tahun 2019. Tetapi akan bersambung tahun 2020 dan 2021 nanti akan ada.

Kita berharap, meskipun ada juga dalam program di APBD namun dengan hadirnya hibah ini nanti bisa menuntaskan persoalan jalan disemua pulau di Wakatobi,” tutup Arhawi. (*)