Jadi Irup HUT Bhayangkara ke-73, Arhawi Bacakan Sambutan Tertulis Presiden RI

10
Bupati Wakatobi, H Arhawi jadi Irup HUT Bhayangkara ke 73

WAKATOBI, TRIBUN BUTON (Duriani)

Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) H Arhawi SE, bertindak selaku inspektur upacara (irup) pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke – 73 Polres Wakatobi Tahun 2019. Di Wangi-Wangi, Rabu (10/7/2019).

Bupati Wakatobi dalam membacakan sambutan tertulis Presiden RI, Joko Widodo, mengungkapkan kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik.

“Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah. Yakni Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-Word Bank Annual Meeting 2018.

Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 dan Pemilu 2019 sehingga terselenggara dengan aman, damai dan demokratis,” ungkap Arhawi, dalam membacakan sambutan tertulis Presiden RI.

Dalam sambutan tertulis Presiden Joko Widodo yang dibacakan Bupati Wakatobi juga dijelaskan berbagai keberhasilan Polri dan TNI dalam mengamankan agenda kemasyarakatan lainnya. Termasuk menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif

. “Polri dan TNI, juga berhasil mengungkap berbagai kejahatan. Mulai dari kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, kejahatan lintas negara seperti terorisme, perdagangan narkotika, perdagangan manusia, kejahatan siber.

Kejahatan berimplikasi kontijensi seperti konflik sosial, kerusaluhan massa, dan unjuk rasa anarkis.

Kejahatan terhadap kekayaan negara seperti illegal logging, illegal fishing, dan tindak pidana korupsi,” jelas Arhawi.

Selain masih banyaknya keberhasilan Polri, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Wakatobi tersebut.

Presiden Joko Widodo, menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman Polri dalam menjalankan tugasnya antara lain. Pertama, terus tingkatan kualitas sumber daya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. Serta mendukung terwujudnya Indonesia emas 2045.

Kedua, kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang moderen, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan.

Keempat, tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Kelima, perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat dalam memelihara keamanan dalam negeri.

Dalam upacara HUT Bhayangkara ke – 73 tahun 2019 itu, dihadiri Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud SE.MSi, seluruh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda), pimpinan instansi vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda serta sejumlah pejabat lingkup Pemkab Wakatobi. (*)