Bupati Butur Pimpinan Rapat di Kecamatan

439

BURANGA, TRIBUNBUTON (mawan)

Bupati Buton Utara, Abu Hasan memimpin rapat penguatan badan usaha kelembagaan Bumdes di Kecamatan Kulisusu Utara, Senin, 24 Juni 2019.

Kegiatan itu dihadiri jajaran Pemkab Butur, jajaran Kecamatan Kulisusu Utara, pengurus Bumdes Kulisusu Utara, masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Abu Hasan menjelaskan, Bumdes merupakan lembaga usaha milik desa yang dikelolah oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.

“Kesejahteraan itu tercapai kalau ada peningkatan pendapatan. Pemerintah daerah terus berupaya dengan berbagai bentuk instrumen kesejahteraan,”katanya.

Mantan Karo Humas Pemrov Sultra ini menambahkan, pemerintah daerah saat ini telah membentuk Bumdes dimasing-masing desa dengan harapan untuk peningkatan pendapatan asli desa (PADes), dan juga sebagai salasatu lembaga ekonomi yang beroperasi dipedesaan.

Sumber daya alam Buton Utara tidak boleh diterlantarkan begitu saja, komoditas Buton Utara harus pasti pasarnya, dan harus memiliki kualitas produk yang baik untuk bersaing dengan kompetitor daerah lain. “Bumdes ini bukan hanya seremoni, letakkan Bumdes sebagai lembaga yang optimal mengelola hasil produksi di desa. Bumdes harus kuat dan memperkuat Bumdes dibutuhkan pertisipasi kita semua,” tandas Abu Hasan.(#)