Penerbitan Akta Lahir dan E-KTP, Dinas Dukcapil Wakatobi Unggul di Sultra

958

WAKATOBI, TRIBUN BUTON

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) peringkat pertama pencapaian cakupan program penerbitan akta kelahiran. Kadis Dukcapil Kabupaten Wakatobi, Abdul Rahim R, mengungkapkan pencapaian program dimaksud berupa cakupan penerbitan akta kelahiran 0 – 18 tahun. Dan itu dilakukan sejak berlakunya sistim elektronik hingga saat ini.

“Jadi waktu pertemuan di Kantor Dukcapil Sultra dan dihadiri seluruh Dinas Dukcapil Kabupaten/kota beberapa Minggu lalu. Diumumkan bahwa Kabupaten Wakatobi peringkat pertama cakupan akta kelahiran dengan presentase 95.7 persen,” ungkap Abdul Rahim R, di Wangi-Wangi Sabtu (11/5/2019).

Abdul Rahim R, menyadari bahwa prestasi itu berkat kerja sama seluruh pegawai Dukcapil dan dukungan masyarakat Wakatobi. Meskipun masih ada beberapa desa belum maksimal digarap.

“Sisa 4 persen lebih itu karena belum maksimal kita garap seperti di pulau Tomia,” ujar Abdul Rahim.

Untuk capaian E-KTP, Abdul Rahim, menjelaskan bahwa meskipun Wakatobi tidak menjadi terbaik pertama. Namun Wakatobi bisa masuk diurutan tiga besar dengan presentase yang tidak terlalu jauh berbeda.

“Untuk capaian KTP elektronik Wakatobi urutan ketiga dengan presentase 95.4 persen. Sedangkan yang wajib KTP di Wakatobi sebanyak 79.054 sesuai DPT. Yang belum perekaman ini mayoritas berada di luar daerah,” tutup Abdul Rahim. (Duriani)