ANGGOTA POLRES BUTON JALANI TES NARKOBA

395
seluruh personel Kepolisian Resor (Polres) Buton menjalani tes urine di halaman Mapolres Buton. FOTO:ILWAN/TRIBUNBUTON.COM

BUTON, TRIBUNBUTON. COM

Seluruh personel Polres Buton menjalani pemeriksaan narkoba, hal ini sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkup kepolisian. Pemeriksaan narkoba tersebut dilaksanakan di halaman Mapolres Buton, Senin Maret 2021.

Kapolres Buton, AKBP Gunarko menjelaskan pemeriksaan ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari Surat Telegram Kapolri nomor ST/331/II/HUK.7.1/2021 yang mengatur tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba oleh anggota Polri.

“Jadi ini sesuai dengan intruksi Kapolri yang meminta kepada para Kapolda untuk melaksanakan tes urine kepada semua anggota Polri di tiap satker/satwil untuk mencegah dan mengetahui terjadinya penyalahgunaan narkoba,” tuturnya

Lanjut, kapolres menjelaskan, pelaksanaan tes narkoba terhadap seluruh anggota kepolisian merupakan salah satu upaya pencegahan adanya tindakan penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Buton.

Tercatat, sebanyak 115 personil menjalani tes. Bersyukur dalam tes narkoba, tidak ditemukan anggota Polres Buton positif narkoba.

“Kepedulian Polri memerangi narkoba sebagai pihak penegak hukum khususnya di jajaran Polres Buton harus bersih dari narkoba serta bisa menjadi contoh bagi masyarakat, ada 115 personel yang di pilih secara acak dalam melakukan tes urine kali ini dan dinyatakan bahwa tidak ditemukan personel Polres Buton yang positif mengkonsumsi Narkotika (negatif),” terangya.

Pihaknya menambahkan, dalam tes ini, pihaknya tidak memandang bulu dalam penegakkan hukum bagi siapa saja yang terlibat narkoba di Polres Buton.

“Tujuannya melakukan pengecekan dan screening awal kepada anggota Polres Buton guna mencegah penyalahgunaan narkoba yang dimungkinkan dilakukan oleh anggota,” jelasnya.

Untuk diketahui, selain tes urine, seluruh anggota Polres Buton juga menjalani tes DRUG WIPE 6 S (Pengambilan Air Liur). Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres Buton, AKBP Gunarko Wakapolres Buton, Kompol La Umuri Para Kabag,Kasat, Kasi Polres Buton serta seluruh personel Polres Buton. (ILW)