HPN 2024 DIRENCANAKAN DIALOG KEBANGSAAN MENAMPILKAN TIGA PASLON PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN

1042

JAKARTA, TRIBUNBUTON.COM – Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta resmi ditetapkan sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2024.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Hendry Ch Bangun, menetapkan Jakarta tuan rumah HPN 2024 yang mengusung tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa”.

“Puncak HPN 9 Februari 2024 di Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) Jakarta. Dan diharapkan dapat dihadiri Presiden RI,Jokowi,” ujar Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) HPN 2024, Marthen Selamet Susanto dalam rapat persiapan HPN 2024 di Kantor PWI Pusat, Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih No 34, Jakarta, Rabu 25 Oktober 2024.

Menurutnya, perayaan HPN 2024 berbeda dengan HPN tahun-tahun sebelumnya. HPN 2024 sangat istimewa karena sangat berdekatan dengan pelaksanaan pesta demokrasi, yakni pemilihan presiden (Pilpres) dan pemilihan legislatif (Pileg) tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

HPN 2024 lanjut Marthen Selamet Susanto, adalah HPN pertama di bawah kepemimpinan Hendry Ch Bangun. Dimana saat acara serah terima jabatan pengurus PWI Pusat beberapa hari lalu. Ketua Umum PWI, Hendry Ch Bangun mencanangkan PWI Merah Putih, PWI yang berwawasan kebangsaan.

“Dengan menyatakan PWI kembali ke Khittah 1946 berarti PWI ingin menegaskan kembali nilai perjuangan terkait keberagaman bangsa Indonesia dan Kemerdekaan Pers. Sikap itu dipertegas lagi dengan mengusung tema HPN 2024, Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa,” ucap Marthen Slamet Susanto.

Wakil Sekjen PWI Pusat, Raja Parlindungan Pane, mengatakan gagasan-gagasan besar PWI terkait nilai kebangsaan juga akan dipromosikan lewat acara-acara yang dikemas dalam Road to HPN 2024.

“Kita ingin penyelenggaraan kali ini berbeda, tak saja menjadi pestanya masyarakat pers tapi bisa juga dikenal oleh lapisan masyarakat lainnya,” kata Raja Pane.

Sementara itu Ketua Bidang 1 HPN 2024, Agus Sudibyo, mengatakan acara seminar dan konvensi yang diadakan dalam rangka HPN 2024. Tidak hanya ditujukan menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat pers, tapi juga isu-isu lainnya terkait tantangan pembangunan nasional.

“HPN diselenggarakan bukan saja untuk masyarakat pers, tapi juga sebagai kado ulang tahun PWI untuk bangsa Indonesia,”tambah Agus Sudibyo.

Salah seorang tokoh pers nasional, Marah Sakti Siregar, mengatakan salah satu acara unggulan HPN 2024 adalah dialog kebangsaan yang akan menampilkan tiga calon presiden dan wakil presiden di Kantor PWI Pusat.

Marah Sakti, menambahkan masyarakat pers, organisasi PWI sangat berkepentingan hadirnya pemimpin nasional yang mengerti, memahami dan berpihak kepada nilai perjuangan kemerdekaan pers. Sebagai salah satu pilar demokrasi, serta memiliki program kerja yang dapat memajukan kehidupan pers di Tanah Air, termasuk kesejahteraan wartawan. (Tribunbuton.com/adm)