POS SAR BAUBAU TEMUKAN NELAYAN HILANG SELAMAT

547

BUSEL, TRIBUNBUTON.COM – Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra), berhasil menemukan dan selamatkan nelayan asal Kabupaten Buton Selatan (Busel). Yang dilaporkan hilang saat melaut di perairan sebelah selatan pulau Siompu.

Salah seorang nelayan asal Busel itu yakni La Ode Arsit (56). Warga Desa Pogalampa Kecamatan Batauga, Buton Selatan. Korban dilaporkan Babinsa Pogalampa, Arianto, jika ada nelayan hilang disekitar perairan sebelah selatan Pulau Siompu pada Rabu 29 Maret 2023 sekitar pukul 23.42 Wita.

Berbekal laporan tersebut. Kamis dini hari 30 Maret 2023 sekitar pukul 02.51 wita, Tim Rescue Pos SAR Baubau meluncur dan tiba di Last Known Position (LKP) guna melakukan penyisiran.

Press release Basarnas melalui Plt Kepala KPP Kendari, Rudi, mengatakan setelah dilakukan penyisiran. Sekitar pukul 04.03 Wita, korban berhasil ditemukan dalam keadaan selamat. Korban ditemukan sekitar 5,79NM dari LKP, sedang berada di rompong beserta longboat yang mengalami kerusakan mesin saat cuaca sedang tidak bersahabat. Yang menyebabkan korban tidak dapat pulang ke rumah dan memutuskan untuk berlindung di rompong.

“Selanjutnya korban dievakuasi menuju Desa Bola Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan,” kata Rudi, dalam press releasenya.

Rudi, menambahkan dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat. Ops SAR terhadap satu orang nelayan hilang disekitar Perairan sebelah selatan Pulau Siompu Busel dinyatakan selesai dan ditutup. Seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing. (Tribunbuton.com/adm)