PJ BUPATI BUTON TINDAK LANJUTI INSTRUKSI PRESIDEN RI TERKAIT PENGGUNAAN ASPAL BUTON

200

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – PJ Bupati Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs Basiran, melakukan audiensi dengan Sekjen Kementerian ESDM, Ir Rida Mulyana. Di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta 28 Maret 2023.

Audiensi itu dalam rangka percepatan hilirisasi aspal Buton sesuai Instruksi Presiden RI, Joko Widodo. Saat kunjungan kerja di Kabupaten Buton tahun lalu. Sehingga Pemkab Buton perlu melakukan langkah-langkah kongkrit.

Dikutip dari laman sosial media Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Buton. Kehadiran PJ Bupati Buton di Kantor Kementerian ESDM tersebut, disambut dan mendapat antusias Sekjen Kementerian ESDM.

“Saya Audiensi dengan Sekjen Kementerian ESDM, karena Pak Menteri ESDM tiba-tiba ada acara mendadak yang tidak bisa diwakilkan,” kata Drs Basiran.

Pj Bupati Buton mengatakan dalam audiensi itu, delegasi Pemkab Buton meminta Kementerian ESDM agar mendukung Hilirisasi Aspal Buton sebagaimana arahan dan instruksi Presiden dengan segala kewenangan yang dimiliki oleh Kementerian ESDM.

Hal itu dikarenakan sejak instruksi Presiden RI saat kunjungan kerja di Buton tahun lalu. Kementerian ESDM selaku pihak terkait dalam mempresure instruksi Presiden RI, belum pernah melakukan kunker ke Buton.

“Salah satu usulan saya kepada Pak Sekjen, agar pihak Kementerian ESDM menurunkan Tim Geologi guna memastikan atau update potensi kandungan Aspal Buton dan memberikan info akurat terkait spesifikasi senyawa yang dimiliki Aspal Buton,”

“Untuk menjadi info bagi pengembangan Aspal Buton serta menertibkan IUP yang ada termasuk bagaimana memberikan peran masyarakat lokasi tambang Aspal untuk mendapat IUP dalam bentuk Koperasi,” ungkap Basiran.

Pada pertemuan itu, Drs Basiran merasa sangat bersyukur karena mendapat tanggapan positif dari Sekjen Kementerian ESDM yang didampingi Staf Khusus Menteri ESDM.

Mantan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sultra itu berharap kekayaan alam yang dikandung perut Bumi Buton berupa Aspal alam itu dapat mendatangkan rahmat dan kesejahteraan yang signifikan bagi masyarakat Buton. (Tribunbuton.com/adm)