BUPATI SAMOSIR BERHARAP SMSI BAWA JUTAAN WISATAWAN DI DAERAHNYA

297

MEDAN, TRIBUNBUTON.COM – Bupati Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Vandiko Timoteus Gultom, berharap Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) membawa jutaan wisatawan lokal dan mancanegara ke daerahnya.

Hal itu tentunya dengan kontribusi SMSI melalui informasi-informasi positif tentang objek-objek wisata Danau Toba Samosir yang disampaikan ke seluruh masyarakat nasional hingga internasional.

“Samosir sangat mengharapkan peran SMSI menginformasikan betapa indahnya Samosir, Negeri Indah Kepingan Surga,” ujar Vandiko Gultom, melalui Pj Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Samosir, Waston Simbolon, pada silaturahmi bersama para peserta Ekspedisi Geopark Kaldera Toba di Hotel Vantas, Parbaba Samosir, Minggu 5 Februari 2023.

Pres release yang diterima Tribunbuton.com, SMSI mengunjungi Geosite Kaldera Toba yang ada di Samosir untuk melakukan Ekspedisi Geopark Kaldera Toba dalam rangkaian kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Sumatera Utara.

Waston Simbolon, mengatakan Pemkab Samosir merasa bangga karena wilayahnya telah dipilih SMSI sebagai bagian dari ekspedisi. Terlebih karena Samosir juga pusat peradaban Batak, selain wisata itu sendiri.

“Ini sebuah peluang yang baik bagi Samosir bisa mengenalkan keindahan alam dan budaya adat Batak kepada para media se-Indonesia,” jelas Waston Simbolon.

Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus diwakili Sekjen M Nasir mengaku senang berada di Samosir. Ia mengaku pernah mengunjungi danau di salah satu negara di luar negeri, namun tidaklah seindah Danau Toba.

Dari sisi mana pun, kata Nasir, Samosir indah untuk dituliskan. “Tadi ketua kami begitu bersemangat. Saya juga tak mau ketinggalan. Rasa-rasanya butuh waktu tiga bulan lagi untuk bisa memuaskan diri berwisata di sini,” ujar Nasir.

Sementara itu, Ketua SMSI Sumut Erris J Napitupulu mengatakan pihaknya bersama pengurus dan anggota SMSI di Sumut siap mempublikasikan keindahan Samosir melalui media-media siber.

Terkhusus untuk Geopark Kaldera Toba, Erris mengatakan misi SMSI adalah untuk mempertahankan predikat Unesco Global Geopark (UGG) pada revalidasi tahun 2024 mendatang.

“Kita siap bekerja sama dengan Pemkab Samosir dalam mempromosikan Samosir Negeri Indah Kepingan Surga hingga lebih mendunia. Karena Samosir memiliki potensi wisata yang luar biasa,” kata Erris.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama SMSI dan Badan Pengelola Geopark Kaldera. Pihak SMSI diwakili Ketua Bidang Hukum SMSI Pusat Makali Kumar dan pihak Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba diwakili Ketua Harian pengelolanya, Ir Mangindar Simbolon.

Pada kesempatan itu Sekjen SMSI, M Nasir, Ketua SMSI Sumut Erris Napitupulu dan pengurus SMSI lainnya, diulosi Sekda kabupaten dan jajaran Pimpinan OPD Pemkab Samosir.

Ekspedisi Geopark Kaldera Toba dalam rangkaian HPN 2023 yang digelar SMSI mulai dari tanggal 4-7 Februari, terlaksana berkat dukungan Pemprov Sumut, Pemkab Samosir, dan PT Agincourt Resources dan lainnya. (Tribunbuton.com/adm)