PENGURUS DEKRANASDA BUTON PERIODE 2022-2024 DILANTIK

315

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Pj Bupati Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Drs Basiran, rmelantik pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Buton. Jumat 27 Januari 2023.

Pelantikan tersebut sesuai dengan Keputusan Ketua Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara Nomor: 02/Dekranasda.Prov/SK/I/2023 tentang Pengesahan Pengangkatan Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Buton Tahun 2022-2024 tanggal 16 Januari 2023.

Drs Basiran, mengatakan Kabupaten Buton merupakan daerah penghasil Aspal terbesar di dunia. Sehingga Dekranasda dan seluruh komponen daerah harus mengembangkannya.

“Saya mengingatkan bahwa Buton mempunyai kekayaan alam dan hasil-hasil kerajinan daerah. Kain tenunan Buton memiliki filosofi dan sangat beragam,” kata Drs Basiran. Dikutip dari laman sosial media Dinas Kominfo dan Persandian Buton.

Tenunan Buton kata Kepala BPKAD Sultra tersebut, memiliki banyak jenis dan motif tenunan yang harus dipatenkan sehingga tidak ditiru dan dapat meningkatkan nilainya.

“Selain itu juga ada tenunan dan yang kita kenakan hari ini harus diajukan ke HAKI dengan nama-namanya. Termasuk kerajinan lainnya kita patenkan. Sehingga tidak ada yang meniru dan jika sudah memiliki sertifikat HAKI harganya akan bagus seperti di Wabula yang memproduksi ada kain dengan pewarna alami,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya Pj Bupati Buton berharap Pengurus Dekranasda yang baru dilantik untuk segera bekerja dengan cepat. “Saya harapkan setelah dibentuk dan dikukuhkan pengurus Dekranasda segera gas full,” tutupnya. (Tribunbuton.com/adm)