PEMKAB BUTON GELAR GEBYAR PAUD 2022

256

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Gebyar Paud. Bertempat di Alun-Alun Takawa, Pasarwajo Selasa 27 Desember 2022.

Gebyar Paud dengan tema Melalui Gebyar PAUD Kita Mewujudkan Merdeka Belajar, Merdeka Bermain dan Bebas Stunting itu. Dirangkai dengan pelantikan Bunda Paud Kabupaten Buton yang dijabat Ny Deisy Natalia Rompas Basiran.

Pj Bupati Buton, Drs Basiran, mengungkapkan anak merupakan awal rantai manusia yang menentukan wujud dan kehidupan suatu bangsa dimasa depan. Sehingga menyiapkan generasi muda berkualitas sebagai penerus perjuangan bangsa merupakan keharusan.

Dimana kunci utamanya adalah pengembangan sumber daya manusia. Termasuk di dalamnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Olehnya itu, penting pendidikan bagi anak usia dini.

“Pemkab Buton menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2021, tentang penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini 1 Tahun Pra Sekolah Dasar. Untuk mendorong pemenuhan hak anak usia dini guna menguatkan dasar pengembangan sikap dan daya cipta anak usia dini. Sehingga terbangun kesiapan belajar pada jenjang pendidikan dasár,” ungkap Basiran.

Pj Bupati Buton menjelaskan untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut, perlu melantik Bunda PAUD Kabupaten Buton. Untuk mensinergikan peran Bunda PAUD di kabupaten, kecamatan maupun desa kelurahan. Sehingga perlu ada koordinasi, menjalin kerjasama dan komunikasi yang baik dengan stakeholder.

Mulai dari pemerintah kecamatan, pemerintah desa/kelurahan serta satuan PAUD. Dalam rangka revitalisasi program pendidikan Gerakan Ayo Ke PAUD dan meningkatkan aksesibilitas masyarakat tentang penyelenggaraan PAUD.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemprov Sultra itu meminta seluruh insan pendidik PAUD di Kabupaten Buton. Baik formal maupun non formal untuk terus meningkatkan kompetensinya guna mendukung keberhasilan pelaksanaan pendidikan.

Menurutnya, kunci dari kualitas dan kuantitas pembelajaran yang bermutu bergantung pada profesionalisme dan kompetensi pendidik. Terutama dalam menciptakan suasana kondusif dan pembelajaran efektif di dalam kelas.

Sehingga penting bagi para pendidik untuk terus meningkatkan kompetensi dirinya baik dalam pendalaman materi keagamaan maupun dalam mendalami karakter peserta didik yang merupakan Anak Usia Dini.

“Saya minta Dinas Pendidikan untuk dapat terus memberikan pendampingan dan pembimbingan pada institusi PAUD di Kabupeten Buton. Peran guru PAUD dalam pembangunan karakter anak bangsa sangatlah besar. Sebab, selain kecerdasan, pembangunan budi pekerti dan karakter harus dilakukan secara bersamaan,” pinta Pj Bupati Buton.

Pj Bupati Buton mengutip amanat Presiden RI bahwa pembangunan sumber daya manusia tetap menjadi agenda prioritas. Salah satunya diwujudkan melalui penguatan PAUD dan sekolah penggerak.

“Untuk itu saya mengajak seluruh insan pendidik Anak Usia Dini di Kabupaten Buton, untuk saling bersinergi dalam mewujudkan generasi muda bangsa yeng berkarakter dan berkepribadian unggul. Sehingga mampu membawa kemajuan bagi negeri,” ajak Basiran. (Tribunbuton.com/adm)