WARGA DESA LAPODI GELAR PESTA ADAT, BEGINI PESAN PJ BUPATI BUTON

285

 

BUTON, TRIBUNBUTON.COM – Masyarakat Dusun Labahawa Desa Lapodi Kabupaten Buton Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pesta adat tahunan. Sabtu 17 September 2022.

Dikutip dari laman medsos Dinas Komunikasi dan Persandian Buton. Pesta Adat yang dihadiri Pj Bupati Buton, Drs Basiran itu disebut Ma’atano Santa. Diberi tema “Melalui Pesta Adat Tahunan Kita Pererat Kembali Budaya Pomaa’ Ma’asi Demi Melahirkan Masyarakat yang Rukun dan Damai.

Pj Bupati Buton, Drs Basiran, saat membuka pesta adat tahunan itu mengatakan turun temurun sejak dahulu dulu para tetuah seringkali berdoa atau biasa disebut Batata. Sehingga siapapun yang merantau ke pelosok nusantara hingga dimanapun berada diharapkan diberikan keselamatan, hati dan pikiran untuk selalu ingat Buton.

“Inilah salah satu inti dari adat istiadat kita yang secara turun temurun kita jaga,” ungkap Basiran.

Basiran, berharap pesta adat itu bisa dijaga terus menerus. Karna itu adalah budaya dimana menjaga persatuan di antara seluruh masyarakat walaupun kecil lingkupnya. Kerukunan Pomaa masiaka yang terbangun baik yang tinggal di kampung maupun yang tinggal jauh di rantau tetap terjaga,” harapnya.

Untuk warga yang berada diluar atau di rantau orang tambah Basiran, disarankan untuk membentuk sebuah yayasan yang bisa membangun kampung sendiri seperti orang Padang.

Untuk diketahui, acara itu turut dihadiri mantan Bupati Buton, La Bakry. Ketua DPRD Buton Hariasi Salad, Sekda Buto, Asnawi Jamaluddin, Asisten Pemerintahan dan Kesra Alimani, Kepala OPD, Camat Pasarwajo, Camat Lasalimu Selatan, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan Masyarakat setempat. (Tribunbuton.com/adm)