SENI BUDAYA KASEBU CUP, BUPATI BUTENG INTRUKSI PROTOKOL KESEHATAN

246
Pose bersama Kerukunan Keluarga Wasilomata bersama Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin SE di rujab Bupati Buton Tengah. FOTO:ADI/TRIBUNBUTON.COM

BUTENG, TRIBUNBUTON.COM

Bupati Buton Tengah H Samahuddin SE intruksikan kepada panitia penyelenggara untuk memastikan protokol kesehatan yang ketat pada perhelatan Kesenian Budaya (Kasebu) rumpun Wasilomata, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buteng.

Intruksi penerapan protokol kesehatan itu disampaikan langsung oleh Bupati Buteng di Rujab Bupati Buton Tengah bersama ketua tokoh adat rumpun Wasilomata, Kepala desa dan panitia penyelenggara Kasebu Cup X. H Samahuddin menyampaikan mendukung penuh kegiatan-kegiatan budaya dan olahraga yang dilaksanakan masyarakat Kabupaten Buteng. Termasuk Kasebu Cup yang dilaksanakan Rumpun Wasilomata selama ini. Akan tetapi ditengah pandemi Covid-19 ini, ia mengintruksikan kepada Kerukunan dan panitia penyelenggara Kasebu Wasilomata Cup untuk menerapkan Prokes yang ketat selama pelaksanaannya.

“Saya sudah dengar tadi dari panitia Untuk kesiapan panitia semua sudah matang, tapi perlu saya tekan kepada panitia dan Kepala Desa untuk menerapkan protokol kesehatan serta keamanan kegiatan harus diperketat,” ucap Bupati Buton Tengah saat silahturahmi bersama toko rumpun Wasilomata.

Artikel Menarik Lainnya :  APBD PERUBAHAN 2020 BUTENG SEPUTAR COVID-19

Diwaktu bersamaan, Ketua toko adat rumpun Wasilomata, La India, menyampaikan kegiatan mengaku pihaknya bersama panitia sengaja datang meminta izin dan petunjuk kepada Pemerintah daerah yakni Bupati selaku orang tua dan kepala daerah. Apalagi, Kasebu Cup yang sudah memasuki ajang kesepuluh ini dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

“Kami datang bersilaturahim dengan bupati, meminta dukungan dan petunjuk terkait pelaksanaan Kasebu Cup X ditengah pandemi Covid-19, sekaligus meminta kesediaan beliau untuk membuka kegiatannya 26 Juni nanti,” ungkap La India kepada sejumlah media usai silaturahim Senin 14 Juni 2021.

Anggota DPRD Buteng dari Fraksi PAN ini menerangkan, Kasebu Cup merupakan kegiatan budaya rumpun Wasilomata yang diwariskan para leluhur, sehingga harus terus dilestarikan dari generasi ke generasi. Hari ini telah disemarakan dengan kegiatan-kegiatan olahraga sebagai rangkaiannya.

Artikel Menarik Lainnya :  PEMDA BUTENG USUL 14 RAPERDA

Dengan berbagai rangkaian kegiatan tersebut, maka pelaksanaannya bisa memakan waktu satu bulan. Kegiatan budayanya adalah tari tradisional dan kreasi, karnaval budaya, dan senam rusiana. Sementara kegiatan olahraga adalah sepak bola dan bola volly yang dibuka untuk umum.

“Alhamdulillah Kasebu Cup ini mendapat respon positif dari pak bupati. Beliau mendukung sepenuhnya kegiatan kebudayaan dan olahraga. Hanya pesannya kegiatannya harus mematuhi protokol kesehatan dengan ketat, karena masih dalam pandemi Covid-19,” ungkap La India.

Lanjutnya Ia menambahkan, setelah mendapat restu dan petunjuk dari bupati, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Buteng dan meminta izin dan back up dari Koramil Mawasangka, Polsek Mawasangka hingga Polres Baubau.

“Dalam pelaksanaan Kasebu Cup X ini, panitia akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat kepada para penonton,” tutupnya.(p5)

Komentar Anda